Setelah Bintan, PWI Kepri akan Selenggarakan UKW di Batam dan Lingga
Kamis, 01/06/2017 20:16:02
Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-8 yang diselenggarakan PWI Kepri di Bintan, baru-baru ini. (Foto: Kabarbatam.com)

KABARBATAM.COM, TANJUNGPINANG- Sebanyak 36 wartawan di Provinsi Kepri lulus dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-8 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri, di Hermes Agro, Kabupaten Bintan, baru-baru ini. Para peserta UKW berasal dari puluhan perusahaan pers dan kantor berita di Kepri.

Koordinator Penguji dari PWI Pusat, Widodo Admo Darmanto mengatakan, sebanyak 49 peserta yang teregistrasi pada saat pendaftaran. Namun 5 peserta berhalangan hadir saat pelaksanaan UKW. "Dari 44 peserta yang mengikuti UKW ke-8 PWI Kepri ini, terdapat 8 peserta yang belum kompeten," kata Widodo.

Dari 36 peserta yang dinyatakan berkompeten, panitia tim seleksi UKW memutuskan untuk memilih tiga wartawan terbaik. Untuk wartawan atau UKW Tingkat Utama, diraih oleh Nikolas Panama dari LKBN Antara.

Wartawan tingkat Madya diraih oleh Thomm Limahekin dari Tribun Batam, sedangkan tingkat Muda diraih oleh Fradilla Svendolin Verwey dari Harian Batam Pos.

Ketua PWI Kepri Ramon Damora mengatakan, penilaian dalam UKW ke-8 yang diselenggarakan oleh PWI Kepri melalui proses penilaian dalam lembaran tugas yang diberikan tim penguji kepada para peserta. Penilaian kelulusan UKW ada pada setiap peserta.

Penilaian kompetensi itu, kata Ramon, ada pada diri masing-masing wartawan. Dalam hal ini, wartawan yang akan menilai dirinya sendiri, apakah sudah berkompeten atau belum. "Selanjutnya berkas hasil penilaian dari para penguji akan diverifikasi kembali di PWI Pusat, apakah benar mereka berkompeten," katanya.

Ia mengatakan, wartawan yang dinyatakan lulus kompetensi nantinya akan mendapatkan sertifikat UKW dari Dewan Pers, dengan catatan berkompetensi pada jenjang sertifikasi di tingkat yang diuji.

"Wartawan yang sudah lulus UKW baik di Muda, Madya dan Utama akan mendapatkan sertifikat dan telah tersertifikasi. Dan bagi yang lulus UKW agar dapat mengaplikasikan materi yang didapatkan selama UKW," ujarnya.

Bagi wartawan yang belum lulus UKW, sambung Ramon, masih ada kesempatan untuk mengikuti UKW berikutnya yang akan diselenggarakan paling lama enam bulan setelah UKW ke-8. "Masih ada kesempatan. Bagi yang belum lulus akan diprioritaskan untuk ikut pada UKW berikutnya," kata Ramon.

Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Sasongko Tedjo mengajak peserta yang belum lulus UKW ke-8 PWI Kepri agar mengikuti UKW pada periode berikutnya yang juga akan diselenggarakan oleh PWI Kepri. "Kepada peserta yang belum lulus agar tetap bersemangat mengikuti UKW berikutnya," ujarnya.

"Bagi peserta yang lulus dan telah mengikuti proses UKW di masing-masing tingkatan agar dapat meningkatkan kompetensinya," ujarnya. Selain melaksanakan UKW di Bintan, PWI Kepri juga rencananya akan mengadakan UKW di Batam dan Kabupaten Lingga. (aan/ant)

Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   bintan
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..