Menko Luhut Berpesan Masalah Investasi Dicarikan Solusi Terbaik
Jumat, 10/03/2017 23:10:50
Menko Luhut Binsar Panjaitan berada di atas helikopter bersama Gubernur Nurdin Basirun, Menpan-RB Asman Abnur dan Wakil Menteri BUMN, Arcandra Thahar. (Foto: Humas Pemprov Kepri)

KABARBATAM.COM, BATAM- Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Luhut Binsar Panjaitan berharap semua pihak bisa bekerjasama untuk menyelesaikan segala masalah investasi dengan mencari solusi terbaik.

Sehingga solusi yang dihasilkan memberi kepercayaan kepada investor. "Apabila ada peraturan yang menghambat investasi di daerah maka bisa diubah," kata Luhut dalam kunjungan kerjanya ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (10/3/2017).

Dalam kunjungan kali ini, Luhut ditemani Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meninjau sejumlah kawasan investasi di Batam.

Tampak juga dalam rombongan, yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur, Wakil Menteri ESDM Archandra. Tampak juga Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian dan Wakapolda Kepri Brigjen Pol Didi Haryono.

Luhut mengatakan, pihaknya mendengar banyak pengusaha Batam mengeluhkan sejumlah kebijakan terkait investasi di Batam.
Keluhan tersebut datang dari Ketua Apindo Bintan Jamin Hidayat, Ketua Kadin Kepri Ahmad Makruf Maulana, Ketua Apindo Kepri Cahya, dan Ketua INSA Suparno.

Menurut Luhut, keluhan para pengusaha adalah masalah. Semuanya harus diselesaikan satu per satu. Setiap masalah harus segera dicarikan solusinya. "Kalau kita identifikasi satu satu, pasti selesai masalahnya," kata Luhut.

Dalam kunjungannya ke Batam, Luhut sempat meninjau Kawasan Industri Kabil, Batam Digital Park, dan meninjau Pulau Tolop.
Luhut ke Pulau Tolop menggunakan helikopter dari Bandara Hang Nadim Batam.

Di helikopter tersebut, Luhut terbang bersama Gubernur Nurdin Basirun, Asman Abnur, dan Archandra. Luhut menegaskam bahwa pemerintah tak ada pikiran mau menyewakan Pulau Tolop. Menurutnya, peninjauan ke pulau tersebut untuk melihat area labuh jangkar.

Dia ingin agar lego atau labuh jangkar ini dikelola dengan baik. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Nurdin berharap kehadiran Luhut dapat kembali menghidupkan gairah investasi di Batam dan Kepri.

Nurdin pun mendukung apa yang disampaikan Luhut bahwa aturan dan kebijakan yang menghambat harus ditinjau ulang. "Kami hanya ingin investasi di Kepri terus tumbuh. Investasi yang sudah ada semakin berkembang, investasi yang baru terus masuk," kata Nurdin.

Menurut Nurdin, Presiden Jokowi menginginkan kemudahan investasi di negeri ini lebih baik lagi. (rls/aan)


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   batam
BP BATAM
JAKARTA, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam sebentar lagi memiliki Biro Ekonomi Kreatif. Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru BP Batam tersebut sudah dikaji dan didalami Kementerian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri)  akan memanggil dinas terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri untuk membahas Upah Minimum Provinsi (UMP) ..