ISIS Diduga Gandeng Mafia Italia Selundupkan Minyak ke Eropa
Rabu, 12/07/2017 13:06:31
Militan ISIS (Foto: Okezone.com)

KABARBATAM.COM- Pihak berwenang Italia tengah menyelidiki kerja sama bisnis ilegal antara organisasi mafia dengan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk menyelundupkan minyak ke Eropa.

Aparat keamanan menemukan sejumlah besar minyak di Italia tidak bisa diolah di banyak tempat penyulingan. Informasi itu dimuat dalam harian La Repubblica. Polisi meyakini minyak itu diimpor dari Suriah dan Libya, dua negara tempat ISIS bercokol.

Artikel di harian lokal Italia itu mengutip laporan rahasia dari Markas Besar Polisi di Finanza pada Februari 2017. Baru-baru ini, laman Newsweek melaporkan bahwa seorang sumber anonim mengatakan kepada koran La Repubblica, minyak itu seharusnya tidak berada di sana (di tempat penyulingan).

"Kami tidak tahu kalau ISIS atau kelompok fundamentalis lain berada di balik ini karena jejak mereka kemudian hilang lantaran perantara palsu," kata sumber itu, seperti dikutip The Times.

Penyelundupan minyak ke Eropa itu, kata laporan La Repubblica, dilakukan dengan kapal tanker yang berhenti di Mediterrania lalu minyak itu dipindahkan ke kapal tanker lain. Mereka mematikan radio komunikasi untuk mencegah deteksi.

ISIS menguasai Kota Sirte di pesisir Libya selama lebih dari setahun. Mereka kemudian mengambil alih penyulingan minyak dan pelabuhan.

Di Suriah, ISIS menguasai kawasan minyak di sebelah timur negara itu selama tiga tahun masa kejayaan. Pendapatan ISIS sebagian besar berasal dari penjualan minyak ilegal.

Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   internasional
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
NATUNA, KABARBATAM.com- Upacara Peringatan ‎Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Natuna berlangsung khidmat, Jumat (17/8/2018) pagi. Upacara ..