Polisi Dalami Kasus Korupsi Dana KUR di Bank BRI Bintan Timur
Minggu, 23/07/2017 17:11:00
Ilustrasi Bank BRI. (Foto: net)

KABARBATAM.COM, BINTAN- Pihak kepolisian terus mendalami kasus dugaan korupsi uang Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp1.314.000.000 yang diduga dilakukan EY, oknum karyawan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Unit Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kepulauan Riau (Kepri).

Dugaan kasus korupsi biaya KUR oleh oknum karyawan BRI tersebut dengan modus memanfaatkan nama para pedagang atau usaha kecil menengah (UKM) untuk mendapatkan pinjaman dari BRI.

Namun para pedagang atau debitur yang tidak sepenuhnya penerima pinjaman itu justru tidak mengetahui besaran uang yang diberikan EY. Akibatnya, sebanyak 124 debitur yang umumnya pelaku UKM menjadi korban, dengan bentuk pinjaman bervariasi mulai Rp15-25 juta.

Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Adi Kuasa Tarigan, mengatakan, kasus dugaan korupsi di BRI Kantor Unit Bintan Timur tersebut didalami polisi setelah pihak BRI melaporkan dugaan terjadinya korupsi dana KUR oleh EY, karyawan kantor BRI unit Kijang, Kecamatan Bintan Timur, pada April 2017 lalu.

"Dugaan korupsi dengan modus pemberian pinjaman KUR tersebut, dilakukan oleh EY selama periode 2015-2016," ungkap Adi Kuasa, Jumat (21/7/2017).

Ia menjelaskan, proses penyelidikan atas kasus korupsi tersebut, statusnya sudah ditingkatkan dari penyelidikan ke tingkat penyidikan. Di mana sejumlah tahapan termasuk memeriksa para debitur, sudah dilakukan.

Saat ini, tahapan berikut yang masih dilakukan yakni melakukan koordinasi dengan BPKP Kepri untuk memastikan jumlah kerugian yang dialami BRI atau negara akibat tindak pidana korupsi tersebut.

"Kalau memeriksa saksi ahli sudah dilakukan, setelah pemeriksaan terhadap ratusan debitur yang menjadi korban. Saat ini, masih dilakukan koordinasi dengan BPKP untuk menghitung kerugian negara," terangnya.


Sumber  : Batamtoday.com
Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   bintan
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Singapura Gavin Chay, di Kantor DPRD Kepri, Selasa (14/8/2018). Kunjungan ini dalam ..