Dewan Minta Operator Kapal di Pelabuhan Sijantung Ditambah
Kamis, 07/09/2017 12:28:40
Komisi III DPRD Kepri melakukan peninjauan lapangan di Pelabuhan Sijantung, Kec Galang, Kota Batam. (Foto: Humas DPRD Kepri).

KABARBATAM.COM, BATAM- Komisi III DPRD Kepulauan Riau (Kepri) bersama dengan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kepulauan (Pemprov) Riau sebagai mitra kerja melakukan peninjauan lapangan di Pelabuhan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Rabu (6/9/2017).

Peninjauan ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan infrastruktur penunjang transportasi antar pulau.

Pelabuhan Sijantung yang dibangun dengan menggunakan anggaran kota dan provinsi saat ini dikelola oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kepri. Dirasa belum terlalu optimal, Surya Makmur Nasution, anggota Komisi III DPRD Kepri mengatakan agar dinas perhubungan bisa menambah jumlah operator kapal di pelabuhan tersebut.

"Operator kapal harus ditambah, selain itu juga rute pelayaran juga musti diperbanyak agar akses ke daerah pulau-pulau lebih mudah lagi seperti ke Lingga atau daerah lainnya", kata Surya Makmur saat melakukan peninjauan di pelabuhan tersebut.

Saat ini, memang baru dua operator kapal yang melayani pelayaran di Pelabuhan Sijantung yakni KM Karunia dan KM Istiqomah. Dua operator tersebut melayani pelayaran dari Tanjungbatu, Tanjungbalai Karimun, dan Tanjungpinang.

Surya Makmur menambahkan, sarana dan prasarana pendukung pelabuhan tersebut juga harus dibenahi seperti area parkir, ruang tunggu penumpang, dan ketersediaan jaringan listrik dan air. "Seperti pagar pembatas antara bangunan pelabuhan dan laut sampai ke ponton pelabuhan harus dirapikan lagi untuk keamanan dan kenyamanan penumpang kapal", ungkap Surya.

Saat ini pelabuhan yang berada di Jembatan V ini memang belum begitu diketahui oleh warga. Padahal akses dari pelabuhan ini menuju ke beberapa pulau seperti Tanjungbatu dan Tanjungpinang lebih cepat ketimbang dari pelabuhan-pelabuhan lain.

Dinas Perhubungan harus bisa lebih mengoptimalkan pelabuhan ini untuk kemudahan transportasi laut. "Jadi agar masyarakat tahu, pelabuhan ini harus dibuka dan diresmikan oleh pemerintah. Otomatis kalau sudah secara resmi dibuka, masyarakat akan mengetahui rute-rute mana saja yang dilayani pelabuhan ini", pungkasnya. (rls/adi)

Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   batam
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Anggota 5/Deputi Bidang Pelayanan Umum, Bambang Purwanto melakukan kunjungan kerja ke salah satu perusahaan ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Komisi I DPRD Kepri menilai pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam masih belum maksimal. Penilaian ini didapati setelah Komisi I DPRD Kepri ..