Perbanyak Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Jaga Kesehatan Mentalmu
Minggu, 08/10/2017 15:18:03
Ilustrasi cokelat (Foto: net)

KABARBATAM.COM- Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga menjadi sesuatu yang patut untuk dijaga. Sebab tak ada gunanya jika kamu memiliki tubuh yang sehat namun kamu memiliki masalah yang berhubungan dengan mental.

Kesehatan mental sendiri termasuk dengan rasa marah yang mudah muncul, mudah cemas, hingga adanya serangan panik. Dan yang mengejutkan, banyak orang yang sebenarnya menderita gangguan mental namun tak menyadarinya.

Tentu saja untuk terhindar dari bahaya ini kamu wajib melepaskan hal negatif yang mengganggu kesehatan mentalmu termasuk dengan banyak mengonsumsi makanan sehat yang memiliki dampak positif bagi perkembangan mental.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah daftar beberapa makanan yang bisa menyehatkan mentalmu.

Biji chia
Si kecil ini dikemas dengan manfaat sehat yang begitu tinggi. Kandungan asam lemak omega 3 dari chia diketahui bisa menghindarkanmu dari penyakit mental seperti depresi dan ADHD. Sebabnya asam lemak bisa menghindarkanmu dari virus serta meningkatkan komunikasi antar sel otak.

Telur
Telur mengandung nutrisi tertentu seperti asam folat, biotin, dan kolin yang penting untuk meningkatkan perkembangan sel otak dan saraf.

Yogurt
Selain baik guna mendukung kesehatan pencernaan, konsumsi yogurt juga akan membantumu mengurangi stres serta cemas karena kandungan pro biotiknya.

Brokoli
Sayuran ini kaya akan potasium yang bisa meningkatkan aktivitas otak dan menjaga kesehatan otakmu agar awet muda.

Sayuran berdaun hijau
Menurut penelitian, rajin mengonsumsi sayuran hijau seporsi per hari bisa menghindarkanmu dari demensia. Selain itu kandungan vitamin K di dalamnya juga baik untuk mendukung kesehatan otak.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan diketahui mengandung mangan, selenium, dan tembaga dalam jumlah tinggi yang membantu untuk memperbaiki fungsi otak serta mencegah penyakit mental.

Cokelat
Konsumsi cokelat hitam diketahui bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak karena kandungan flavonoid di dalamnya.

Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   kesehatan
BP BATAM
JAKARTA, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam sebentar lagi memiliki Biro Ekonomi Kreatif. Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru BP Batam tersebut sudah dikaji dan didalami Kementerian ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Bantuan dan donasi dari masyarakat Provinsi Kepri untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala (Sulteng) terkumpul mencapai Rp1 miliar lebih. ..