Minum Terlalu Banyak Kopi? Tak Perlu Khawatir, Lakukan Tiga Hal Ini
Minggu, 24/09/2017 17:36:38
Ilustrasi

KABARBATAM.COM- Kopi bisa menjadi minuman favorit banyak orang di dunia.Umumnya diseduh dan diminum di pagi hari. Kopi mengandung kafein yang dapat merangsang sistem saraf pusat sehingga bisa membuatmu jadi lebih terjaga dan mudah fokus. 

Sayangnya karena efek tersebut, kamu sering minum kopi kelewat batas. Konsumsi kafein dalam dosis besar akan membuatmu jadi tidak tenang dan mudah gelisah karena hormon adrenal yang terlalu aktif bekerja. Selain itu, jumlah kafein berlebih dalam perut juga bisa meningkatkan asam lambung.

Jika sudah begini, maka apa yang harus kamu lakukan?

1. Minum banyak air. Dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, maka kamu bisa meredakan gejala overdosis kafein.

3. Kafein menguras kandungan potasium dan magnesium dalam tubuh yang bisa membuatmu gugup. Oleh karena itu jaga kadar potasium dan magnesium dengan mengonsumsi pisang dan sayuran berdaun hijau.

2. Jangan lupa lakukan olahraga ringan untuk membuat merasa jauh lebih baik.

Jika tips di atas tidak bekerja dengan baik dan kamu malah mengalami nyeri dada, sulit bernapas, bingung, muntah, dan detak jantung tidak teratur, maka segera dapatkan pertolongan medis. 

Bila mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan jantung berdebar-debar karena zat kafein tersebut akan memacu kerja jantung menjadi lebih aktif. Oleh karena itu seperti dilansir fitsugar.com, jumlah konsumsi kafein per hari yang disarankan adalah 300 mg atau setara dengan 2-4 cangkir kopi yang diseduh. 

Apabila lebih dari itu, selain menyebabkan jantung berdebar-debar Anda akan mengalami insomnia, perasaan cemas, sakit kepala, dan masalah pencernaan.(aan)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   kesehatan
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..