Resmikan G1R1Jumantik, Nurdin Basirun Ajak Masyarakat Rajin Lakukan 3M Plus
Senin, 18/09/2017 06:40:58
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun berfoto bersama sejumlah pelajar. (Foto: Humas Pemprov Kepri)

KABARBATAM.COM, BINTAN- Gubernur Kepri H Nurdin Basirun terus mengajak masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Sekecil apapun sarana berkembanganya penyakit, seperti nyamuk aedes aegypti, bisa dihindari.

Gubernur yakin bahwa masyarakat di Bintan rajin membersihkan lingkungan dan melakukan 3M Plus yakni Menguras, Menutup, serta Mengubur sampah atau barang-barang bekas yang tidak terpakai. 

"Insyaallah ya ibu-ibu dan bapak, apabila kita sudah melakukan itu semua, kita akan terhindar dari serangan nyamuk aedes aegypti," kata Nurdin saat membuka secara resmi Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (G1R1Jumantik). Pencanangan itu diawali di beberapa rumah yang berada di Kabupaten Bintan, Minggu (17/9/2017).

Korban demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk, di beberapa wilayah Kepri memang masih ada. Selain peran pemerintah, masyarakat juga diajak aktif ikut memberantasnya. Nurdin juga mengajak masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Karena dari sampah-sampah tersebut akan menimbulkan sarang nyamuk.

Asisten I Pemerintahan Umum Kabupaten Bintan, Ismail mengatakan, setiap satu rumah bertanggungjawab terhadap pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan rumahnya. Ia mengajak masyarakat pro aktif untuk membawa keluarganya yang terserang penyakit seperti demam, panas tinggi, pilek lainnya ke sentra pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas, klinik, atau rumah sakit terdekat.

"Kami juga sudah menginstruksikan seluruh puskesmas untuk tetap siaga 1 X 24 jam," katanya. Sebelumnya, gubernur ditemani Sekdaprov H TS Arif Fadillah melaksanakan safari subuh berjamaah di Masjid At Taqwa Tanjunguban.

Arif Fadillah yang memberi tausiah mengajak orangtua untuk mendorong anak-anaknya aktif dalam aktivitas keagamaan. Termasuk mengajak putra-putrinya ibadah ke masjid sejak salat Subuh. Arif juga menyampaikan bahwa pekan ini, tahun hijriah sudah masuk ke angka 1439 H. Menyambut Muharam, Arif mengajak masyarakat melakukan zikir bersama yang rencananya diselenggarakan di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

"Mari kita jaga kedamaian negeri ini. Jangan memperbesar sifat iri dengki, serta menghujat sesama umat," kata Arif yang mengajak masyarakat Kepri untuk terus memakmurkan masjid.(*)


Editor  : Anwar
Tags
   
   advetorial
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Penutupan acara BP Batam Bersyiar berlangsung pada Selasa (5/6/2018) bertempat di pelataran Welcome To Batam (WTB). Acara yang berlangsung dari tanggal 20 Mei lalu berujung ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengirimkan empat personel untuk membantu pencarian korban KM Sinar Bangun yang ..