TNI AU Selidiki Kasus Penyelundupan 797 Botol Vodka di Wamena
Jumat, 01/12/2017 10:48:48
POM TNI AU Selidiki Kasus Penyelundupan 797 Miras Vodka di Wamena. (foto: istimewah)

KABARBATAM.COM, JAKARTA - Mabes Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) tengah mendalami kasus penyelundupan 797 minuman beralhokol jenis Vodka yang diangkut oleh pesawat Hercules TNI AU di Bandara Wamena, Papua. Ratusan botol vodka tersebut dimasukkan ke dalam 32 ember cat.

Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya mengatakan, POM TNI AU sudah diturunkan untuk melakukan investigasi. "Saat ini POM TNI AU Merauke sedang melaksanakan penyelidikan," kata Jemi dalam keterangan tertulisnya.
 
Jemi menegaskan, apabila hasil penyelidikan membuktikan ada aparat TNI AU yang terlibat, maka akan ditindak sesuai dengan ketentuan hukum. Hal itu sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. 

"Apabila diketahui ada yang bermain, maka konsekuensi personel tersebut akan di proses sesuai aturan hukum yang berlaku," kata Jemi.

Seharusnya, Jemi mengatakan bahwa pesawat C-130 Hercules itu digunakan untuk misi sosial (civil mission), seperti tugas-tugas kemanusiaan, termasuk mendukung angkutan logistik dan personel di daerah pedalaman, khususnya di Papua. 

Kendati demikian, Pesawat Hercules tetap akan fokus untuk mendukung kebutuhan angkutan bantuan logistik Pemda Papua dan masyarakat pedalaman di Papua. Tugas tersebut sesuai surat permohonan Pemda Papua untuk dukungan angkutan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Kepolisian Papua sebelumnya berhasil mengamankan sekitar 797 botol minuman beralkohol merek Vodka di Bandara Wamena, Rabu (29/11/2017). Ratusan minuman beralkohol merk Vodka dimasukan ke dalam 32 ember cat dan diangkut melalui pesawat Hercules TNI AU.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura mengatakan, penyelundupan ratusan botol vodka itu terungkap saat anggota curiga terhadap isi dari ke 32 ember cat yang baru diturunkan dari pesawat Hercules TNI AU. Saat diperiksa, mereka justru menemukan ratusan minuman keras.

"Pesawat Hercules tiba di Wamena, Rabu (29/11) dari Merauke dengan membawa berbagai barang kebutuhan masyarakat seperti sembako, semen, dan minuman kemasan serta cat yang ternyata berisi minuman beralkohol jenis Vodka," kata Kombes Kamal sebagaimana dikutip dari Antara.

Berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan anggota, terungkap pemilik ratusan minuman beralkohol adalah AS (38 th). Saat ini ke 797 botol vodka dan AS sudah diamankan di Polres Jayawijaya di Wamena.


Sumber  : Tirto.id
Editor  : Sherly Damanik
Tags
   
   daerah
   
   hukum
   
   nasional-
   
   penyelundupan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
NATUNA, KABARBATAM.com- Upacara Peringatan ‎Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Natuna berlangsung khidmat, Jumat (17/8/2018) pagi. Upacara ..