Korpolairud Berhasil Menindak 812 Kejahatan di Perairan Indonesia
Selasa, 05/12/2017 21:52:54
Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi salam komando dengan Wakapolda dan Komandan Polairud Polda Kepri seusai upacara HUT Polairud Polda Kepri. (Foto: Humas Polda Kepri)

BATAM, KABARBATAM.com- Seluruh personel dan jajaran di lingkungan Polda Kepri menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–67 Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) di Lapangan Upacara Polda Kepri, Selasa 5 Desember 2017.

Upacara yang dipimpin langsung Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH, turut dihadiri Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri H, Irwasda Polda Kepri, para pejabat utama Polda Kepri, para Kapolres/Ta jajaran Polda Kepri, para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Polda Kepri.

Dalam amanat Kapolri Jenderal H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. yang dibacakan oleh Kapolda Kepri, menyampaikan selamat HUT ke-67 Kepolisian Perairan dan Udara, semoga peringatan ini menjadi momentum mewujudkan Korps Polairud yang semakin profesional, modern, dan terpercaya, sebagaimana tema yang diusung yakni Korpolairud Siap Mewujudkan Polri yang Promoter Guna Mendukung Suksesnya Pengamanan Pilkada 2018. 

Sekira 67 tahun lalu, pada 1 Desember 1950, Menteri Dalam Negeri RI menerbitkan keputusan menetapkan Polisi Perairan sebagai bagian dari jawatan Kepolisian Negara. Selanjutnya, pada 5 Desember 1956 diterbitkan SK Perdana Menteri RI tentang pembentukan seksi udara pada jawatan Kepolisian Negara, sehingga Polisi Perairan berubah menjadi Polisi Perairan dan Udara sebagai bagian dari jawatan Kepolisian Negara RI.

"Mencermati cuplikan sejarah tersebut, maka kita dapat memahami betapa pentingnya keberadaan kesatuan ini utamanya dalam menjaga keamanan wilayah dari sektor udara dan perairan," kata Kapolda.
 
Kepolisian perairan dan udara memainkan peran penting dalam mendukung pemberantasan berbagai bentuk kejahatan, seperti perampokan di laut, pembalakan liar, kejahatan pertambangan, perdagangan manusia, serta berbagai bentuk kejahatan perikanan. 
"Harus disadari bahwa tantangan tugas dalam menjaga wilayah udara dan perairan ke depan tidaklah semakin ringan. Terlebih kebijakan dan berbagai program pemerintah yang memfokuskan pembangunan pada sektor kemaritiman guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, tentu membutuhkan kesiapan dan kontribusi aktif dari polri, khususnya Korpolairud," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui bersama, pada tahun 2018 akan diselenggarakan berbagai agenda nasional, antara lain; Pilkada serentak di 171 wilayah, penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang, serta penyelenggaraan Imf-Wolrd Bank Annual Meeting 2018 di Bali. 

"Saya berharap, Korpolairud dapat berperan lebih aktif lagi dalam mendukung pengamanan berbagai agenda nasional tersebut. Optimalkan seluruh kekuatan yang ada, guna mendukung terciptanya stabilisasi kamtibmas, sebagaimana fungsi dan peran Polairud, termasuk dalam mendukung pelaksanaan tugas operasional fungsi kepolisian lainnya," terang Kapolda. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Korpolairud yang telah berhasil menunjukkan kinerja yang positif dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat sepanjang Tahun 2017, seperti penegakan hukum pada wilayah perairan dimana Polri berhasil menindak sekurangnya 812 kasus dan menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp. 89.587.995.000,-," tambah Kapolri yang dibacakan Kapolda Didid Widjanardi. (rls/wan)



Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Xiaomi menyelenggarakan kegiatan Supplier Investment Summit 2018 untuk  menyerap investasi dengan potensi USD315 juta. Investasi ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Pimpinan Lembaga Gereja Aras Nasional Provinsi Kepri menyampaikan dukacita yang mendalam kepada seluruh korban teror yang terjadi di Jakarta, Surabaya, dan ..