BP Batam Bersama Kadin Kepri Tingkatkan Investasi melalui Program Go Invesment
Minggu, 08/04/2018 13:00:59
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo didampingi Deputi 5 BP Batam dan Ketua Kadin Kepri Akhmad Maruf Maulana dalam konpres di Humas BP Batam, Sabtu (7/4/2018). (Foto: Batamtoday.com)

BATAM, KABARBATAM.com- Perhelatan Batam Menari yang digagas Badan Pengusahaan (BP) Batam juga dirangkaikan dengan pengenalan tujuh program yang diberi nama Seven Go atau 7 Go. Ketujuh program tersebut resmi diperkenalkan di hari pertama event Batam Menari, Sabtu (7/4/2018). 

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, tujuh program Seven Go tersebut, yakni; Go Invesment, Go SMI, Go Green, Go Clean, Go Pray, Go Kreatif, dan Go Health.

Lukita mengatakan, ketujuh program ini akan menjadi salah satu upaya dalam memajukan dan memperbaiki lagi perekonomian Batam saat ini. 

"Ketujuh program ini akan melibatkan berbagai elemen sehingga kita bersama-sama dapat memajukan perekonomian Batam," ujar Lukita saat konferensi pers di BP Batam didampingi Deputi V BP Batam Bambang Purwanto yang juga dihadiri Ketua Kadin Kepri Achmad Maruf Maulana.

Mantan Sesmenko Perekonomian RI ini menjelaskan bahwa Program Go Green merupakan program yang diharapkan menjadikan Batam asri. Sejalan dengan upaya Pemko Batam membangun infrastruktur jalan di berbagai lokasi, program Go Green hadir untuk membantu menghijaukan lokasi-lokasi sekitar pembangunan jalan tersebut. 

"Kami akan menghijaukan lokasi sekitar pembangunan infrastruktur tersebut agar lebih kelihatan asri. Pemandangan akan kelihatan lebih asri karena ada pepohonan yang rimbun dan beragam tanaman dan bungan yang asri," ujarnya. 

Adapun Program Go Clean terinspirasi oleh kebiasaan masyarakat di Eropa yang peduli dengan kebersihan lingkungan. Dimana kita ketahui, pihak pemerintah di sana (Eropa) menyediakan satu kantong plastik kepada satu orang warganya. "Penyediaan kantong plastik tersebut saat berada dan beraktifitas di lokasi fasilitas umum," jelas Lukita.

Terkait dengan program Go Invesment, BP Batam akan melakukan kerja sama dengan asosiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepri dan Kadin Batam. "Kita kerja sama dengan asosiasi pengusaha," tuturnya.

Program Go Pray merupakan program dengan tujuan memberikan kontribusi kepada seluruh rumah ibadah di Kota Batam. Adapun program Go Kreatif, sambung Lukita, merupakan program yang ditujukan untuk menggali potensi dan kreatifitas masyarakat Batam.

"Sesuai amanat Presiden Joko Widodo yang mendorong pembentukan Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf), maka kami mengadakan satu program, yakni Go Kreatif dengan maksud menggali potensi masyarakat Batam dalam bidang industri kreatif," jelasnya.

Adapun program Go Health, papar Lukita, adalah wadah untuk melaksanakan setiap kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan. Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat. 

Lukita berharap agar program 7 Go atau Seven Go yang diadakan ini tidak sekadar seremoni saja, namun harus benar-benar mampu direalisasikan. "Bahkan harapan kami, ke depan program ini menjadi branding Kota Batam," pungkasnya. 

Ketua Kadin Kepri, Akhmad Maruf Maulana, menambahkan, berbagai kalangan, terutama kalangan dunia usaha, khususnya Kadin Kepri bersama-sama dengan BP Batam terus berupaya bagaimana menumbuhkan perekonomian di Batam lebih baik ke depan.  

"Kami di Kadin Kepri turut berperan, bersama-sama melakukan Program Go Invesment. Salah satu yang sudah kami lakukan dengan BP Batam yakni membuat promosi investasi ke Jepang dan China pada tanggal 23 Maret 2018 lalu," ujar Maruf. 

Investasi yang masuk ke Batam saat ini, ungkap Maruf, responnnya cukup bagus dan akan terus ditingkatkan. Maruf optimis bahwa target pertumbuhan ekonomi 7 persen yang ditetapkan BP Batam dapat terealisasi. 

"Kami sendiri merasakan bagaimana pelayanan perizinan investasi yang mudah dan cepat di BP Batam. Tak hanya kami, tetapi juga kawasan industri lain, termasuk kawasan industri Tunas juga demikian. Harapan kami ke depan kita dapat bersama-sama meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi di Batam lebih maju lagi," pungkas Maruf. (war)



Editor  : Anwar
Tags
   
   bisnis
   
   bp-batam
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Xiaomi menyelenggarakan kegiatan Supplier Investment Summit 2018 untuk  menyerap investasi dengan potensi USD315 juta. Investasi ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Pimpinan Lembaga Gereja Aras Nasional Provinsi Kepri menyampaikan dukacita yang mendalam kepada seluruh korban teror yang terjadi di Jakarta, Surabaya, dan ..