Dewan Beri Sinyal Penerapan Perda tentang Pajak Kemungkinan Ditunda
Senin, 09/04/2018 16:51:57
Ketua DPRD Batam Nuryanto. (Foto: Tribun Batam)

BATAM, KABARBATAM.com- Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto mengatakan bahwa penerapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pajak Daerah kemungkinan akan ditunda.

Nuryanto menyatakan bahwa, penerapan perda tentang pajak ini harus melalui proses kajian yang lebih detail dan mendalam. 
"Aturan tersebut sudah dalam bentuk Perda. Tentu tidak akan mudah direvisi serta memerlukan waktu yang panjang," kata Nuryanto di Gedung DPRD Kota Batam, Senin (9/4/2018).

Ia menuturkan, hanya dalam pelaksanaannya nanti, Pemerintah Kota (Pemko) Batam harus melihat dari sisi kondisi ekonomi Batam sehingga jika tidak memungkinkan, bisa ditunda pelaksanaannya. Sekadar diketahui, kondisi perekonomian Batam masih melambat. Kondisi juga dirasakan oleh pelaku usaha yang menyatakan bahwa penerapan perda pajak dinilai kurang tepat dilakukan mengingat ekonomi Batam masih lesu.  

Ketika ada permintaan penundaan dari pengusaha hiburan misalnya, Nuryanto mendisposisikan untuk ditindaklanjuti oleh Komisi II DPRD Batam. Hasilnya nanti akan direkomendasikan ke Pemko Batam.

Nuryanto juga menegaskan bahwa pelaku usaha juga tidak bisa serta-merta mengadu ke DPRD dan meminta agar Perda tersebut ditunda, terlebih Perda tentang Pajak Daerah sudah disahkan dan dibiayai dari APBD Batam.

Sehingga untuk menjalankannya, perlu pertanggungjawaban dari lembaga eksekutif dan legislatif. Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Uba Ingan Sigalingging menegaskan, Pemko harus menjalankan perda tersebut. Ia juga menilai Perwako Perda Pajak hanya sebagai diskresi untuk mengubah struktur APBD. "Banyak tempat hiburan tutup itu bukan acuan. Harus ada dasar yang jelas untuk jadi acuan," kata Uba.


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   parlemen
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Dalam menjalin konektivitas bersama masyarakat membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para kawula muda, BP Batam akan membuka acara BP Batam Pesta Komunitas Ajang ..
KEPRI
ANAMBAS, KABARBATAM.com- Upaya pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap korban kapal Puskel Pemkab Anambas yang tenggelam, Kamis (11/10/2018) malam di perairan Dusun Etang, Anambas, Provinsi ..