Dewan Terkadang Kesulitan Awasi Tata Niaga Barang
Rabu, 11/04/2018 17:09:27
Para pekerja menyusun gas elpiji 3 kg. Di beberapa wilayah, termasuk Batam, tabung gas elpiji (LPG) 3 kg terkadang langka. (Foto: net)

BATAM, KABARBATAM.com- Komisi II DPRD Kota Batam menyatakan bahwa dewan terkadang mengalami hambatan untuk melakukan pengawasan terkait dengan masalah perdagangan dan tata niaga di Kota Batam. 

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Hendra Asman mengatakan, selama ini, Komisi II banyak menerima masukan dan keluhan dari warga Batam terkait masalah perdagangan dan tata niaga. Namun ketika pihaknya memanggil mitra dinas terkait, ternyata kewenangannya ada di provinsi.  

"Warga banyak mengeluh, tetapi begitu kami hubungi Disperindag, ternyata mereka tidak punya kewenangan. Akibatnya kami tak bisa melakukan pengawasan," ujar Hendra Asman di Kantor DPRD Kota Batam, Rabu (11/4/2018).

Ia mengaku sudah membaca dan mempelajari Peraturan UU Nomor 23 tahun 2014 yang di dalamnya ada kewenangan provinsi, sementara tupoksinya di DPRD Kota. Terkait masalah tersebut, pihaknya akan melakukan kunjungan sekaligus klarifikasi kepada dinas terkait, termasuk di provinsi. 

"Butuh klarifikasi karena kami tidak bisa menjawab usulan dan aspirasi masyarakat. Kami menghargai aturan itu dan wajib kita hormati. Tetapi harus ada kejelasan soal ini supaya kami juga bisa melakukan pengawasan," ujarnya.

Persoalan tata niaga dan perdagangan yang dikeluhkan tersebut, antara lain masalah kelangkaan tabung elpiji (LPG) dan kelangkaan BBM jenis premium. Banyak masyarakat yang mengeluh kepada anggota DPRD. "Banyak masyarakat yang mengeluhkan hal itu. Lalu, kami harus mengadu ke siapa? Sedangkan Disperindag Batam tak bisa menjawab karena bukan kewenangan mereka. Kewenangan terkait energi berada di provinsi," jelasnya. 


Sumber  : Tribun Batam
Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   parlemen
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Merespon keinginan dunia usaha agar proses perizinan cepat, mudah, dan langsung terintegrasi secara online, Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Sosialisasi Kemudahan ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau memberikan bantaun dana sebesar Rp50 Juta kepada pengurus Masjid Dhiyaul Janah, Kelurahan Tembesi, Sagulung, Kota ..