KPU Tetapkan Jumlah Pemilih Pilkada Tanjungpinang 2018 Sebanyak 141.777 Jiwa
Senin, 23/04/2018 13:59:19
Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria (Foto: Posmetro)

TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menetapkan 141.777 jiwa masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Tanjungpinang 2018. Jumlah DPT tersebut berkurang sebanyak 2.464 pemilih dari sebelumnya yang terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 144.241 pemilih.

Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, mengatakan, penetapan DPT Pilkada Tanjungpinang 2018 ditetapkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat Kota Tanjungpinang. "Jumlah DPT sebanyak 141.777 jiwa tersebar di semua kecamatan dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 317 TPS se-Kota Tanjungpinang," ujar Robby.  
 
Ia mengatakan bahwa terdapat pengurangan sebanyak 2.464 pemilih dalam DPS karena ditemukan ada sebanyak 4.928  pemilih ganda. "DPT yang kita tetapkan ini berkurang. Pengurangan terjadi karena saat perbaikan DPS banyak ditemukan pemilih ganda," ujarnya. 

Dia menuturkan, DPT yang ditetapkan tersebar di empat kecamatan dan 18 kelurahan. Dengan rincian, Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 34.486 jiwa. Kecamatan Tanjungpinang Timur dengan jumlah 54.319 jiwa. 

Kecamatan Tanjungpinang Kota dengan jumlah pemilih 15.170 jiwa, dan Kecamatan Bukit Bestari dengan jumlah pemilih sebanyak 37.802 jiwa. "Sehingga ditetapkan total jumlah pemilih dalam Pilkada Kota Tanjungpinang 2018 sebanyak 141.777 jiwa," tuturnya. 

Setelah penetapan DPT ini, tambah Robby, pihaknya segera melakukan pemesanan logistik Pemilu, seperti; surat suara, kotak suara, dan formulir pilkada. Adapun percetakan surat suara yang ditunjuk KPU adalah PT Pura Baru Tama, di Kudus, Jawa Tengah. 

Dipilihnya percetakan ini merupakan keputusan KPU melalui proses e-katalog dalam sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis, dan harga barang/jasa tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa pemerintah. 

Ia menambahkan, terkait model surat suara, cetakan nantinya menyesuaikan ketentuan KPU Pusat. Di antaranya foto pasangan calon, terdapat bendera merah putih yang berkibar, lalu ada logo KPU dan Pemerintah Kota (Pemko)  Tanjungpinang. 

Robby optimistis penyelenggaran Pilkada Tanjungpinang 2018 mampu memenuhi target pemilih sebanyak 77,5 persen. "Bagi pemilih yang belum atau tidak masuk dalam DPT, bisa menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP-elektronik (KTP-el) atau Surat Keterangan (Suket) pengganti sementara KTP-el di TPS sesuai alamat identitasnya," pungkasnya.


Sumber  : Sindonews.com
Editor  : Anwar
Tags
   
   tanjungpinang
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
NATUNA, KABARBATAM.com- Upacara Peringatan ‎Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Natuna berlangsung khidmat, Jumat (17/8/2018) pagi. Upacara ..