Pangkalan Militer di Natuna akan Dilengkapi Alutsista Super Canggih
Selasa, 24/04/2018 13:23:37
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun di atas Kapal Perang Indonesia saat berkunjung ke Natuna beberapa waktu lalu. (Foto: redaksiindonesia.com)

NATUNA, KABARBATAM.com- Pemerintah bersama DPR RI mendukung pembangunan pangkalan militer di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Sebagai wilayah perbatasan dan berada di wilayah terdepan dan terluar NKRI, keberadaan pangkalan militer di Natuna dinilai sangat strategis. 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, paradigma pembangunan di wilayah perbatasan harus didasari dua hal, keamanan dan kesejahteraan. Salah satu langkah strategisnya adalah membangun pangkalan militer. 

"Sebagai wilayah perbatasan, keberadaan pangkalan militer di Natuna, Kepulauan Riau, sangat penting. Selain di Natuna, tak menutup kemungkinan kita juga akan bangun dan perkuat pangkalan militer di berbagai pulau terluar wilayah Indonesia," ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, Senin (23/4/2018). 

Penegasan itu disampaikan Bamsoet saat melakukan kunjungan kerja bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Natuna, Provinsi Kepri. Bamsoet mengaku kagum akan masterplan pembangunan pangkalan militer di Natuna. 

Dalam masterplan itu, pangkalan militer tersebut rencananya akan dilengkapi berbagai peralatan tempur atau alutsista (alat utama sistem persenjataan) super canggih. Hal ini, sambung Bamsoet, membuktikan keseriusan pemerintah dalam menguatkan sistem pertahanan dan keamanan negara.

"Pembangunan pangkalan militer tak akan mengesampingkan pembangunan berbasis kesejahteraan di wilayah Natuna, Kepri," ujarnya. 

Ditambahkan Bamsoet bahwa di Natuna sudah ada Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Selat Lampa yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2016. "Dengan total luas lahan 16,8 hektare, saya yakin SKPT mampu mendongkrak kesejahteraan penduduk Natuna yang banyak berprofesi sebagai nelayan," jelas Bamsoet.


Sumber  : Detik.com
Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   natuna
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Dalam menjalin konektivitas bersama masyarakat membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para kawula muda, BP Batam akan membuka acara BP Batam Pesta Komunitas Ajang ..
KEPRI
ANAMBAS, KABARBATAM.com- Upaya pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap korban kapal Puskel Pemkab Anambas yang tenggelam, Kamis (11/10/2018) malam di perairan Dusun Etang, Anambas, Provinsi ..