Bangun Pusat Ekonomi Baru, Gubernur Ingin KEK Tanjungsauh-Nongsa Terealisasi Tahun Ini
Jumat, 27/04/2018 19:08:19
Pembahasan Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa dan Tanjungsauh di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

KABARBATAM.com- Gubernur H Nurdin Basirun yakin Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjungsauh dan Nongsa terealisasi tahun ini. Apalagi pihak-pihak yang terkait dengan percepatan KEK Tanjungsauh dan Nongsa terus memenuhi persyaratan yang diminta.

“Kita ingin tahun itu. KEK Tanjungsauh dan Nongsa tersebut untuk percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembentukan pusat pertumbuhan ekonomi baru,” kata Nurdin saat menghadiri Pembahasan Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa dan Tanjungsauh di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Nurdin menyebutkan, tujuan KEK tersebut memang mendorong dan mensinergikan pertumbuhan ekonomi baru untuk pengembangan Batam–Bintan. Di Tanjungsauh, juga dibuat dengan tujuan mengembangkan terminal kontainer internasional dan alih kapal.

“Intinya, harus ada kawasan industri untuk menopang Batam dan Bintan,” kata Nurdin. Menurut Nurdin, KEK Tanjungsauh nantinya akan terintegrasi dengan Jembatan Batam-Bintan. Selain untuk pembangunan ekonomi juga penting untuk memperlihatkan martabat bangsa.

Rapat ini dipimpin Wahyu Utomo, Deputi Bidang Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Eko selaku Ketua Tim Pelaksana KEK. Rapat akan ditindaklanjuti oleh Tim Teknis KEK terkait pembangian peran dan fungsi Pemprov Kepri, Pemko Batam, dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Untuk Nongsa, ada tiga tahap pengembangan KEK-nya untuk lahan seluas 166,46 hektare. Tahap pertama, di lahan seluas 72,97 hektare sudah terbangun dan beroperasi. Tahap dua, seluas 7,61 hektare sedang dalam proses pengerjaan. Sementara, di lahan seluas 65,87 hektare menjadi kawasan yang akan dikembangkan hingga beberapa tahun ke depan.

Bagi Nurdin, direstuinya KEK Tanjungsauh dan Nongsa akan memberi manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi Kepri. Kawasan-kawasan ekonomi khusus itu, tambah Nurdin, harus dimaksimalkan bagi kemakmuran rakyat.

“Semoga KEK ini semakin membuat masyarakat Kepri sejahtera,” kata Nurdin.

Nurdin yang hadir langsung pada pertemuan itu didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Syamsul Bahrum dan sejumlah kepala OPD, seperti Karo Pembangunan, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis Perhubungan, Barenlitbang Kepri. Hadir juga Kepala BP Batam Lukita Dinasyah Tuwo. Sementara dari Pemko Batam hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Jefridin dan Kepala Bappeda Wan Darussalam.(*)


Sumber  : Humas Pemprov Kepri
Editor  : Anwar
Tags
   
   metropolitan-
   
   nasional-
   
   tanjungpinang
BP BATAM
JAKARTA, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam sebentar lagi memiliki Biro Ekonomi Kreatif. Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru BP Batam tersebut sudah dikaji dan didalami Kementerian ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Bantuan dan donasi dari masyarakat Provinsi Kepri untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala (Sulteng) terkumpul mencapai Rp1 miliar lebih. ..