Alasan Mengapa Mie Instan Jangan Dimakan Bersama Nasi
Sabtu, 28/04/2018 15:36:21
Ilustrasi

KABARBATAM.com- Masih ada anggapan di kalangan masyarakat Indonesia bahwa seseorang belum dikatakan makan berat kalau belum makan nasi. Sekalipun dia sudah mengonsumsi mie instan, misalnya.

Tidak sedikit juga orang menggabungkan mie instan dan nasi lalu menyantapnya sekaligus. "Kenyang, nikmat, dan murah meriah," begitu alasannya.

Padahal, kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan tubuh. Mengapa?

Beberapa studi menyebutkan bahwa dalam satu porsi mie instan mengandung sedikitnya 400 kalori. Jumlah ini sama dengan jumlah kalori yang terkandung di dalam satu porsi nasi beserta lauknya.

Jika Anda makan nasi dan mie instan secara bersamaan, kalori yang masuk ke tubuh diperkirakan bisa mencapai 600 sampai 700 kalori. Padahal, rata-rata kalori yang dibutuhkan wanita dewasa hanya sekitar 1.200 sampai 1.500 kalori.

Ketika tubuh mengalami kelebihan kalori, ini bisa meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes. Perpaduan mie instan dan nasi bisa meningkatkan kalori dalam tubuh, menaikkan indeks glikemik, dan beberapa hal lain yang menyebabkan meningkatnya gula darah dalam tubuh. Ini juga akan meningkatkan timbunan lemak dalam tubuh.

Walau kaya akan karbohidrat dan kalori, nasi serta mie instan dipercaya tidak akan memenuhi kebutuhan nutrisi lain di tubuh seperti vitamin, protein, zat besi, serat, dan sebagainya. Para ahli menyarankan agar kita membatasi mie instan.

Anda tetap kok masih bisa menikmati semangkuk mie instan, tapi usahakan maksimal hanya satu kali dalam seminggu.

Dari pada mengonsumsinya bersama nasi dan menimbulkan berbagai bahaya, konsumsilah mie instan bersama sumber nutrisi lain. Misalnya, sayur, daging, telur, ikan atau sejenisnya. Yuk, mulai memperbaiki pola hidup dan pola makan yang lebih sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.


Sumber  : Vemale.com
Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Xiaomi menyelenggarakan kegiatan Supplier Investment Summit 2018 untuk  menyerap investasi dengan potensi USD315 juta. Investasi ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Pimpinan Lembaga Gereja Aras Nasional Provinsi Kepri menyampaikan dukacita yang mendalam kepada seluruh korban teror yang terjadi di Jakarta, Surabaya, dan ..