Tahun Ini PNS Diperbolehkan Pakai Mobil Dinas Mudik Lebaran
Senin, 30/04/2018 14:30:52
Menpan RB Asman Abnur (Foto: net)

BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Asman Abnur mengizinkan pegawai negeri sipil (PNS) memakai kendaraan atau mobil dinas saat mudik Lebaran.  

Peraturan terkait kebijakan tersebut segera akan diterbitkan Kementerian PAN-RB. Sekadar diketahui, pada Lebaran tahun-tahun sebelumnya, PNS dilarang menggunakan mobil dinas saat pulang ke kampung halaman. 

Pada tahun ini, PNS diperbolehkan menggunakan mobil dinas tetapi tetap mengacu pada peraturan yang akan diterbitkan Menteri Asman Abnur. 

"(Larangan menggunakan mobil dinas) Itu memang diatur dalam Peraturan Menpan. Selama ini kan mobil dinas tidak diperbolehkan. Tapi tahun ini saya bilang, sepanjang digunakan tidak memakai biaya kantor, silakan," kata Asman di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (30/4/2018). 

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, mobil dinas bisa digunakan asalkan Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak disediakan oleh kementerian/lembaga. 

Demikian pula biaya lain yang keluar selama perjalanan mudik dan balik. Biaya itu, sambung Asman, misalnya, service kendaraan dinas. 
"Semua ditanggung sendiri oleh PNS, tidak boleh dibebankan ke kantor. Kan mobil itu melekat sama pribadinya," ujarnya. 

Asman mengatakan, saat ini kementeriannya tengah menyusun aturan sebagai payung hukum agar mobil dinas bisa digunakan PNS untuk mudik Lebaran.  "Pokoknya sebelum Lebaran sudah keluar (aturannya)," kata dia. 


Sumber  : Kompas.com
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   nasional-
BP BATAM
JAKARTA, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam sebentar lagi memiliki Biro Ekonomi Kreatif. Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru BP Batam tersebut sudah dikaji dan didalami Kementerian ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Bantuan dan donasi dari masyarakat Provinsi Kepri untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala (Sulteng) terkumpul mencapai Rp1 miliar lebih. ..