Diluncurkan Akhir Bulan Ini, Batam Siap Terapkan Online Single Submission (OSS)
Sabtu, 26/05/2018 14:40:17
Suasana Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam. (Foto: humasbatam.go.id)

KABARBATAM.com- Pemerintah dalam waktu dekat akan meluncurkan online single submission (OSS). Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bahkan memastikan, sistem perizinan terintegrasi berbasis online tersebut akan diluncurkan akhir bulan ini. 

Saat ini, OSS masih menunggu kesiapan sumber daya manusia (SDM). Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. 

Darmin mengatakan, ada beberapa daerah yang memang belum siap dalam penerapan OSS. Bagi daerah yang belum siap, kata Darmin, maka daerah tersebut tidak akan diikutkan dalam penerapan OSS. "Kalau tidak selesai (siap), maka daerah tersebut tidak akan ikut," kata Darmin dalam acara Dialog Publik di kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (25/5/2018) kemarin.

Lebih lanjut, ia menyebut, saat ini kesiapan peluncuran OSS mencapai 80%. Makanya, pemerintah tengah bekerja keras untuk menuntaskan hal itu. Darmin mengatakan, rencananya peluncuran akan dilakukan akhir bulan ini.

Selain itu, pemerintah juga tinggal menunggu kesiapan Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM). "Sekarang apa yang masih disiapkan? Organisasi di bawah BKPM beserta SDM-nya. Kalau sudah, kami jalan," tambah Darmin.

Sementara itu, Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengatakan, kesiapan SDM banyak kaitannya dengan struktur organisasi di BKPM. Ia mengaku, selama sepekan belakangan BKPM telah menyampaikan pilihan-pilihan struktur organisasi ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Dan diskusi sedang berlangsung antara Kemenko Perekonomian, Kementerian PAN RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), dan BKPM," tandasnya.
 
Di tempat terpisah, Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyambut baik kehadiran OSS untuk mempercepat pengurusan berbagai perizinan investasi secara online. Hal itu, menurutnya, akan memudahkan investor saat mengurus berbagai perizinan. "Kami menyambut baik sistem ini, karena pengurusannya yang terintegrasi secara online. Kalau ada (dinas/badan) yang menghambat, pasti akan ketahuan di mana hambatannya," ujarnya. 
 
Dari sekian daerah yang siap menerapkan OSS, menurut Nurdin, Batam salah satunya. Kesiapan infrastruktur jaringan juga dianggap sudah memadai, terlebih hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) yang khusus melayani berbagai perizinan yang dibutuhkan investor. 


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   bisnis
   
   nasional-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Penutupan acara BP Batam Bersyiar berlangsung pada Selasa (5/6/2018) bertempat di pelataran Welcome To Batam (WTB). Acara yang berlangsung dari tanggal 20 Mei lalu berujung ..
KEPRI
SUMATERA, KABARBATAM.com- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memastikan penyaluran gas elpiji (LPG) 3 Kg di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) aman selama arus mudik dan libur Hari Raya Idul ..