RDP Transformasi Batam dari FTZ ke KEK Menuai Pro dan Kontra
Selasa , 22/05/2018 15:58:02
RDP membahas tentang transformasi FTZ menjadi KEK di Kantor DPRD Kota Batam. (Foto: batamclick)

BATAM, KABARBATAM.com- DPRD Kota Batam mengadakan RDP membahas rencana transformasi Batam dari kawasan Free Trade Zone (FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). RDP itu dihadiri asosiasi pengusaha, Pemko Batam, BP Batam, dan Bea Cukai Batam.

Dalam RDP tersebut, kalangan pelaku usaha menilai bahwa perubahan status Batam dari FTZ menjadi KEK merupakan langkah mundur. Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk, mengatakan, KEK tidak tepat diterapkan di Batam. "Saya sampaikan kepada Menko Perekonomian bahwa KEK tidak tepat. Perjuangan kami tetap FTZ bukan untuk kepentingan tertentu, tetapi untuk kepentingan batam agar bisa bersaing,” kata Jadi.

Pelaku usaha yang hadir dalam RDP pada Selasa (22/5/2018) tersebut juga menyampaikan hal senada. Mereka menginginkan pemerintah mempertahakan FTZ. "Untuk mampu bersaing, Batam harus tetap FTZ dengan menambah fasilitas, insentif, dan berbagai kemudahan," kata pengusaha. 

Pemko Batam yang diwakili Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menyebut, FTZ Batam merupakan produk gagal. “Pertanyaannya, FTZ ini menguntungkan siapa?” tanya Amsakar di hadapan peserta RDP. Menurutnya, dengan fasilitas FTZ, seharusnya harga-harga di Batam lebih murah dibandingkan daerah pabean di Indonesia. Sebab, barang yang masuk ke Batam bebas bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPn), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), dan PPh.

Namun faktanya, kata Amsakar, selama ini harga di Batam tetap tinggi. “Setiap tahun buruh demo menuntut upah minimum kota naik, karena disebabkan biaya hidup naik,” kata Amsakar.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto, mengatakan kebijakan apapun yang diambil pemerintah pusat tetap akan berdampak kepada masyarakat. Untuk itu ia mengajak semua pihak duduk bersama mencari solusi terbaik untuk Batam. “Apakah itu FTZ atau KEK yang merasakan masyarakat juga. Mumpung belum ada keputusan kita dudukkan bersama. Kalau bisa sama-sama kita ke pusat,” tuturnya. (aan)



Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   parlemen
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Penutupan acara BP Batam Bersyiar berlangsung pada Selasa (5/6/2018) bertempat di pelataran Welcome To Batam (WTB). Acara yang berlangsung dari tanggal 20 Mei lalu berujung ..
KEPRI
SUMATERA, KABARBATAM.com- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memastikan penyaluran gas elpiji (LPG) 3 Kg di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) aman selama arus mudik dan libur Hari Raya Idul ..