Komplotan Perompak Selat Malaka Dibekuk Tim Satgas TNI AL
Senin, 28/05/2018 00:12:10
Komplotan perompak berhasil ditangkap Tim Satgas Gabungan TNI AL, di Mako Lanal TBK. (Foto: Posmetro.co)

KARIMUN, KABARBATAM.com- Tim Satuan Tugas (Satgas) gabungan WFQR Koarmada 1, Lantamal IV Tanjungpinang dan Lanal Tanjungbalai Karimun (TBK) menangkap komplotan perompak yang diketahui kerap beraksi di perairan Indonesia maupun internasional. 

Dalam operasi penangkapan tersebut, Tim Satgas TNI AL berhasil meringkus empat terduga perompak di atas boat pancung yang digunakan saat hendak beraksi. Mereka adalah Nakrowi alias Bisman, Rosada alias Iyos alias Pok Waskim, Hermansyah, dan Dian Bangun Sari alias Dian.

Wakil Komandan Lantamal IV, Kolonel Laut Imam Teguh Santoso ST. M.Si dalam konferensi pers mengungkapkan, komplotan perompak yang ditangkap tersebut selama ini meresahkan dan mengganggu keamanan di wilayah perairan Indonesia, termasuk kawasan perairan Selat Malaka.

“Mereka sebelumnya pernah beraksi, melakukan kejahatan yang sama (perompakan). Tindakan para pelaku sudah meresahkan wilayah perairan Indonesia dan Internasional,” ungkap Imam.

Tim Satgas gabungan berhasil menyita barang bukti berupa satu unit boat pancung atau perahu yang digunakan sebagai sarana angkut. Boat pancung bermesin Yamaha 40 PK itu yang digunakan pelaku untuk beraksi.

Selain itu, jajaran TNI AL juga menyita lima unit handphone merek Polytron dan Nokia. Handphone tersebut digunakan para pelaku sebagai sarana komunikasi.

“Barang hasil rampasan kapal tersebut telah diamankan oleh Tim Satgas gabungan. Kasus tersebut sedang didalami dan segera ditindaklanjuti,” jelasnya.

Modus kejahatan yang dilakukan para tersangka yakni menggunakan kapal atau boat pancung tanpa nama. Mereka menggunakan kapal pancung dengan kecepatan tinggi untuk mengejar target atau sasaran yang akan dirompak. Mereka mendekati kapal tersebut, lalu naik dan melakukan perompakan.

“Jika ada ABK kapal yang melawan, mereka tak segan melakukan kekerasan. Itulah modus kejahatan yang dilakukan para tersangka,” jelasnya.

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut, Asintel Danlantamal IV Kolonel Laut (S) Tatang, Pjs Danlanal TBK Letkol Laut (PM) Didik Wahyudi, Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Kapolres Karimun diwakili Kasatpolair Iptu Sahata Sitorus, Kejari Karimun Ramdani, dan KSOP Khairul. (wan)


Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   tanjungbalai-karimun
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Penutupan acara BP Batam Bersyiar berlangsung pada Selasa (5/6/2018) bertempat di pelataran Welcome To Batam (WTB). Acara yang berlangsung dari tanggal 20 Mei lalu berujung ..
KEPRI
SUMATERA, KABARBATAM.com- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memastikan penyaluran gas elpiji (LPG) 3 Kg di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) aman selama arus mudik dan libur Hari Raya Idul ..