Empat Tersangka 1,037 Ton Sabu-Sabu Diserahkan ke Kejari Batam
Senin, 04/06/2018 15:56:18
Empat tersangka penyelundup 1,037 ton sabu saat diamankan di BNN. Keempatnya resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Agung, dalam hal ini Kejari Batam. (Foto: net)

BATAM, KABARBATAM.com- Empat tersangka kasus penyelundupan 1,37 ton sabu-sabu resmi dilimpahkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) ke Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, di Dermaga Mentigi TNI AL di Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Senin (4/6/2018).

Penyerahan berkas perkara tahap dua tersebut diserahkan langsung Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko. Berkas diterima Direktur Narkoba (Dirnarkoba) Kejagung Dedi Siswadi.

Berkas tersebut selanjutnya diserahkan ke jaksa penuntut di Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam. "Kami melimpahkan empat tersangka dan barang bukti ke kejaksaan. Ini tahap dua setelah berkas dinyatakan lengkap atau P21," ujar Heru di Dermaga Mentigi, Kabupaten Bintan, Kepri.

Heru mengatakan, barang bukti 1,37 ton sabu telah dimusnahkan beberapa waktu lalu di Monas, Jakarta. Pihaknya menyisihkan sebagian untuk barang bukti di pengadilan.

"Ada yang kita sisihkan untuk bukti di persidangan," ujarnya. Kepala BNN beserta rombongan tiba di Batam pagi tadi dan langsung bertolak menuju Dermaga Mentigi TNI AL di Bintan.

Empat tersangka juga dibawa ke Batam untuk diserahkan ke pihak kejaksaan. Keempat tersangka itu, di antaranya Chen Cung Nan, Chen Chin Tai Wan, dan Chin Lai Fu. Mereka akan ditahan di Kejari Batam.

Direktur Narkoba Kejagung Dedi Siswadi mengatakan, tim jaksa penuntut umum (JPU) akan langsung menyiapkan berkas perkara yang telah P21 untuk segera dilimpahkan ke pengadilan.

"Paling lama seminggu ke depan kami susun surat dakwaannya. Lalu daftarkan nomor administrasi berkas perkaranya. Setelah itu kita koordinasikan untuk tanggal persidangannya," ujar Dedi.

Tim Jaksa penuntut umum (JPU) kata dia, akan segera bergerak cepat agar berkas perkara dan tersangka bisa dilimpahkan ke pengadilan. "Segera kita susun. Sehingga minggu ini sudah bisa didaftarkan jadwal sidangnya," tambah Dedi.

Turut hadir saat penyerahan empat tersangka dan barang bukti; Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari, Aspam Kasal Laksda Irawan, Danlantamal IV Laksma TNI Ribut Eko S, Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel, dan Kajati Kepri.


Sumber  : Medcom.id
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Entah apa yang ada dalam pikiran seorang pria berinisial AP. Dia nekat menghabisi nyawa ayah kandungnya, Ismail (70), warga Perum Hang Tuah Permai, Blok S, No 7 ..