Komisi IV akan Awasi Berbagai Produk Makanan di Gerai dan Supermarket
Senin, 04/06/2018 11:38:21
Anggota DPRD Kota Batam Aman

BATAM, KABARBATAM.com- Komisi IV DPRD Kota Batam akan menjalankan fungsinya untuk turut mengawasi distribusi berbagai produk makanan ke gerai-gerai, pasar swalayan, dan toko yang menjual berbagai produk makanan di Kota Batam.  

Komisi IV DPRD Kota Batam ingin memastikan agar produk-produk makanan yang dijual kepada konsumen berada dalam kondisi baik dan sesuai ketentuan. Pengawasan dibutuhkan menghindari adanya produk makanan yang tak layak dikonsumsi warga.

Pengawasan tersebut, menurut anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman dilakukan terhadap produk makanan yang diproduksi oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Batam.

Aman mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan jumlah UKM yang mensuplai makanan ke gerai-gerai, supermarket, atau pasar swalayan, maupun toko-toko yang menjual berbagai produk makanan. Jika seluruh UKM selesai didata, nantinya akan dilakukan inspeksi mendadak (sidak).

"Saat ini banyak kita temukan produk-produk makanan UKM di berbagai gerai, karena mereka wajib menerima produk-produk UKM lokal. Hal ini yang akan kami pantau," ujar Aman.

Saat ditanya apa saja produk makanan tersebut, Aman tidak dapat merinci satu per satu. Karena pihaknya akan lebih menitikberatkan pada produk-produk yang mengandung bahan pengawet. Penggunaannya dan masa kedaluarsanya harus diperhatikan.

"Kami akan fokus untuk memperhatikan apakah makanan tersebut higienis. Higienis dan halalnya akan menjadi pertimbangan dalam pengawasan yang akan dilakukan ke lokasi dimana produk-produk UKM ini dibuat dan dijual," pungkasnya. (wan)



Editor  : Anwar
Tags
   
   parlemen
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..