Polemik FTZ ke KEK Dikhawatirkan Mengganggu Iklim Investasi di Batam
Selasa, 05/06/2018 12:52:09
Pemandangan kota Batam di kawasan sekitar pusat perbelanjaan di Nagoya. (Foto: antara)

BATAM, KABARBATAM.com- DPRD Kota Batam meminta pemerintah agar mempertimbangkan secara matang rencananya untuk mentransformasi Batam dari Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (Free Trade Zone -FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Demikian disampaikan anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Musofa. Ia mengungkapkan bahwa perlu ada kajian yang komprehensif jika pemerintah ingin menerapkan KEK di Batam. Tidak sekadar kajian, tetapi wacana penerapan KEK juga harus berdasarkan peraturan yang ada. 

"Perlu ada kajian yang komprehensif bila ingin menerapkan KEK di Batam. Bila wacana tersebut tetap diterapkan tanpa ada kajian, analisa, dan kesimpulan tentang penerapan KEK di Batam maka Batam hanya sekadar menjadi kelinci percobaan. Itu yang kita tidak inginkan," ungkap Aman, belum lama ini. 

Pihaknya mendorong Presiden membentuk tim untuk mengkaji apakah KEK layak diterapkan di Batam. Tim yang dibentuk juga harus menilai dan mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan jika KEK diberlakukan. 

Aman menambahkan, rencana pemerintah mengubah status kawasan ekonomi Batam dari FTZ ke KEK justru akan menimbulkan kegaduhan, karena tidak sedikit masyarakat dan kalangan dunia usaha menolak penerapan KEK. 

Status Batam sebagai kawasan FTZ harus tetap dipertahankan. Pergantian atas status kawasan ekonomi Batam justru akan menimbulkan ketidakpastian hukum dan berusaha maupun berinvestasi di Batam. 

"Perlu ada pertimbangan yang matang karena wacana pergantian kawasan ekonomi Batam dari FTZ ke KEK dikhawatirkan mengganggu iklim usaha di Batam yang mulai membaik saat ini," kata Aman. 

Sekadar diketahui, wilayah KEK hanya ada di kawasan-kawasan dan batas tertentu (enclave) di Batam. Tidak seperti kawasan FTZ yang berlaku secara menyeluruh di wilayah Batam. "Itu artinya, kemudahan atau fasilitas yang didapat saat dalam wilayah FTZ, belum tentu didapatkan saat KEK diberlakukan," ujarnya. (aan)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   parlemen
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..