23 Investor Jepang Berminat Investasi di Batam
Jumat, 08/06/2018 10:58:38
Ketua Umum Kadin Kepri Akhmad Maruf Maulana bersama investor Jepang yang tergabung dalam JETRO. (Foto: Ist)

BATAM, KABARBATAM.com- Sebanyak 23 pengusaha dari Jepang akan berkunjung ke Batam pada Agustus 2018 mendatang. Puluhan investor tersebut berminat menanamkan investasinya di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB/FTZ) Batam. 

Demikian diungkapkan Ketua Umum Kamar dagang dan Industri (Kadin) Kepri Akhmad Maruf Maulana. "Akan datang rombongan investor dari Jepang pada Agustus 2018. Jumlahnya sebanyak 23 investor. Mereka berminat menanamkan investasinya di Batam," ungkap Maruf kepada Kabarbatam.com, baru-baru ini. 

Rombongan investor dari Jepang tersebut tergabung dalam The Japan External Trade Organization (JETRO). Dalam pertemuan dengan JETRO belum lama ini, Maruf memaparkan iklim investasi di Batam dengan berbagai fasilitas dan keistimewaan yang dimiliki Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB/Free Trade Zone (FTZ) Batam. 

"Puluhan investor ini berminat berinvestasi di Batam setelah mengetahui keistimewaan yang dimiliki Batam. Mereka bergerak di berbagai bidang industri. Kedatangan puluhan investor dari Jepang ini difasilitasi oleh JETRO," ujarnya.  

Maruf menambahkan, tahun ini menjadi momentum yang baik  meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Batam. Puluhan investor dari beberapa negara, seperti China, Korea, dan Jepang masuk ke Batam dan berinvestasi di Batam. 

Sebelumnya, dua investor yakni PT Cipta Adil Industri dan PT Sapac Industri menanamkan modalnya di Batam. Kedua PMA ini masing-masing menanamkan modal USD10 juta. Investor dari China dan Jepang tersebut juga akan merekrut ratusan tenaga kerja. Kedua perusahaan akan mulai beroperasi tahun ini. 

Selain kedua investor tersebut, beberapa investor lainnya sudah lebih dulu masuk ke Batam dan telah menandatangani kesepahaman (MoU) dengan BP Batam dan Kadin Kepri. Maruf optimis pertumbuhan ekonomi Batam sampai tahun 2018 berada di atas angka 7 persen. Hal itu seiring mulai menggeliatnya ekonomi dan masuknya puluhan investor baru ke Batam. 

"Kami selaku Ketua Kadin optimis pertumbuhan ekonomi Batam mampu tumbuh di atas rata-rata nasional. Total ada sekitar 33 investor atau PMA (Penanaman Modal Asing) yang akan berinvestasi di Batam," ujarnya. Selain Jepang, Korea dan China juga menjadikan Pulau Batam sebagai tujuan investasi. 

"Kalau China, dapat kita lihat di sini, kami sedang membangun 31 unit pabrik relokasi di kawasan Wiraraja Industrial Estate. Nantinya di sini akan ada perusahaan asal China, Jepang, dan Korea," ujar Maruf.  

Pihaknya sangat optimis, dengan masuknya puluhan investor dari beberapa negara dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Batam tahun ini. "Kami sangat optimis pertumbuhan ekonomi kita akan bangkit. Tidak hanya di kawasan kami, tetapi beberapa perusahaan juga mendapatkan order dan proyek pada tahun ini, seperti McDermott dan PT Sat Nusapersada Tbk," kata Maruf. (war)


Editor  : Anwar
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Entah apa yang ada dalam pikiran seorang pria berinisial AP. Dia nekat menghabisi nyawa ayah kandungnya, Ismail (70), warga Perum Hang Tuah Permai, Blok S, No 7 ..