Bertemu di Singapura, Ini Kesepakatan yang Ditandatangi Trump dan Kim Jong-un
Rabu, 13/06/2018 01:23:55
Pertemuan dua pemimpin negara, Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura, Selasa (12/6/2018). (Foto: net)

KABARBATAM.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura, Selasa (12/6/2018). Pemimpin kedua negara ini mengadakan pertemuan bersejarah di Hotel Capella, Singapura.

Dalam pertemuan bersejarah tersebut, Trump dan Kim menandatangani kesepakatan bersama. Dalam perjanjian kesepakatan dengan Presiden AS, Kim kembali menegaskan komitmennya untuk melucuti senjata nuklir secara menyeluruh dan merampungkan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Sebaliknya, Trump berjanji memberikan jaminan keamanan bagi Korea Utara. Berikut ini empat poin kesepakatan yang ditandatangani kedua pemimpin negara, Trump dan Kim di Singapura:

1. Amerika Serikat dan Korea Utara berkomitmen menjalin hubungan sesuai dengan keinginan rakyat di kedua negara demi perdamaian dan kesejahteraan.

2. Kedua negara akan bersama-sama membangun perdamaian abadi di Semenanjung Korea

3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, Korea Utara berkomitmen merampungkan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

4. AS dan Korea Utara berkomitmen mengembalikan sisa-sisa tahanan perang, termasuk langkah segera untuk memulangkan tahanan yang sudah diidentifikasi.

Dokumen itu juga menyatakan proses perundingan yang dipimpin Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan pejabat tinggi Korut akan dilaksanakan dalam waktu segera untuk mewujudkan hasil pertemuan di Singapura.

Sebelum kedua pemimpin menandatangani dokumen ini, Trump mengatakan, pertemuan tadi berlangsung lebih baik dari yang diharapkan dan tak seorang pun menyangka hasilnya seperti ini.

Sedangkan Kim mengatakan, sekarang dunia akan menyaksikan perubahan besar.

"Kami sudah melakukan pertemuan bersejarah dan memutuskan untuk meninggalkan masa lalu. Saya ingin menyampaikan rasa hormat saya kepada Presiden Donald Trump yang sudah mewujudkan ini semua," ujar Kim.


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
NATUNA, KABARBATAM.com- Upacara Peringatan ‎Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Natuna berlangsung khidmat, Jumat (17/8/2018) pagi. Upacara ..