Molor Lagi, Sistem Perizinan Online Terpadu akan Diluncurkan Usai Lebaran
Sabtu, 16/06/2018 14:12:11
Suasana di Kantor PTSP Pusat. (Foto: Katadata)

KABARBATAM.com- Sempat mengalami penundaan beberapa kali, sistem perizinan online terpadu atau online single submission (OSS) dijadwalkan akan diluncurkan usai perayaan Lebaran atau setelah masa libur bersama tahun 2018. Demikian disampaikan Menko Perekonomian Darmin Nasution. 

Darmin mengaku bakal segera meluncurkan layanan tersebut setelah perayaan Lebaran nanti.

"Memang habis Lebaran, kita harus mulai juga untuk mengejar. Kita akan berusaha supaya OSS kita bisa launching habis Lebaran," ujar Darmin saat open house di kediaman dinasnya, Jakarta, Sabtu (16/6/2018).

Walau begitu, Darmin masih belum bisa merinci waktu pasti peluncuran layanan tersebut. Dia mengatakan, semua itu menunggu jadwal dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Ya nggak tahu lah tergantung presiden, beliau memilihnya tanggal berapa," kata dia. Darmin menambahkan bahwa layanan ini telah ditunggu para investor. Saat ini, kata dia, sejumlah investor sudah banyak yang menyatakan ketertarikannya untuk mengikuti layanan online terpadu itu. 

"Yang mau daftar sih sudah banyak, investor yang besar-besar. Ya ini repot juga kalau semua mau yang pertama (mendaftar)," tuturnya.

Payung hukum pelaksanaan sistem perizinan online terpadu atau online single submission (OSS) sendiri sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Beleid yang menjadi dasar hukum sistem tersebut adalah Peraturan Pemerintah tentang Pelayanan Berusaha Terpadu Secara Elektronik (PBTSE). Belid itu memberikan mandat kepada Menko Perekonomian untuk melaksanakan pemantauan terhadap proses revisi sejumlah PP dan Peraturan Menteri terkait.

Dalam pelaksanaannya, PP tersebut menganulir sejumlah pasal terkait perizinan berusaha dari berbagai peraturan sejenis maupun peraturan di bawahnya.

Dengan demikian, seperti diisyaratkan oleh regulasi tersebut, akan ada gelombang revisi PP dan Permen dalam jangka waktu 1-2 bulan ke depan sebagai amanat PP PBTSE.

Sebelumnya, pemerintah berencana meluncurkan OSS pada awal Mei 2018. Namun mengalami penundaan dan dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir Mei 2018. Rencana itu molor lagi karena Kemenko Perekonomian masih menunggu penyusunan struktur organisasi di BKPM, terutama terkait penyediaan dan kesiapan SDM dan sistemnya. 



Sumber  : dtc/kcm/aan
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   bisnis
   
   nasional-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..