Basarnas Tanjungpinang Kerahkan ROV Cari Korban KM Sinar Bangun di Danau Toba
Selasa, 19/06/2018 16:27:43
Personel Basarnas Tanjungpinang melakukan persiapan untuk berangkat ke perairan Danau Toba membantu pencarian korban KM Sinar Bangun. (Foto: Dok Basarnas Tanjungpinang)

TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengirimkan empat personel untuk membantu pencarian korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Selasa, 19 Juni 2018. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Budi Cahyadi, mengatakan, empat personel dikirim ke lokasi pencarian berdasarkan perintah Direktur Operasi Basarnas untuk melaksanakan operasi SAR terhadap korban KM Sinar Bangun. 

"Empat personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang yang dikirim sekaligus membawa Remoted Operated Vehicle (ROV) untuk pencarian korban dalam air," ungkap Budi, Selasa, 19 Juni 2018.

Empat personel tersebut, yakni; Budi Cahyadi (Kepala Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang), Roli Kuncoro (Rescuer), Riza Iskandar dan Herman Rianto (Operator ROV). "Kami berempat mengemban tugas melaksanakan operasi SAR terhadap para korban di lokasi pencarian. Mohon doa rekan-rekan semoga seluruh korban KM Sinar Bangun segera ditemukan dalam keadaan selamat," ujarnya. 

Seperti diberitakan, KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, saat berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun), Senin, 18 Juni 2018, sekitar pukul 17.30 WIB. Kapal kayu yang mengangkut sekitar 80 orang ini tenggelam sekitar 1 mil laut dari Pelabuhan Tigaras.

Kapal tenggelam akibat kelebihan muatan. Pasalnya, kapal ini berkapasitas normal 60 penumpang. Tak hanya itu, kapal juga membawa 55 unit sepeda motor. Padahal kapal ini seharusnya tidak boleh mengangkut kendaraan. Kondisi diperparah dengan ombak tinggi, angin kencang dan hujan deras pada saat kejadian.

"Sesuai sertifikatnya, kapasitas kapal hanya 60 orang, tapi ternyata membawa 80 orang. Dan kapal itu tidak boleh membawa kendaraan roda dua. Jadi over kapasitas," jelas Kasi Lalu Lintas Danau Sungai dan Penyeberangan (LLSDP) Wilayah 2 Sumut, Rijaya. 


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   tanjungpinang
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Merespon keinginan dunia usaha agar proses perizinan cepat, mudah, dan langsung terintegrasi secara online, Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Sosialisasi Kemudahan ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau memberikan bantaun dana sebesar Rp50 Juta kepada pengurus Masjid Dhiyaul Janah, Kelurahan Tembesi, Sagulung, Kota ..