Jelang Pilgub Riau, Polisi Temukan Puluhan Ribu e-KTP di Gudang Perusahaan
Rabu, 27/06/2018 00:39:32
Puluhan ribu keping KTP-elektronik ditemukan polisi di gudang PT Riau Agro Mandiri, di Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Provinsi Riau. (Foto: Ist)

PEKANBARU, KABARBATAM.com- Kepolisian Daerah (Polda) Riau menemukan puluhan ribu keping KTP-elektronik dan blangko KTP-elektronik di gudang PT Riau Agro Mandiri, di Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Provinsi Riau. 

Seluruh KTP elektronik dan blangko kartu tanda identitas itu langsung dimusnahkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, terlebih Provinsi Riau akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018.  

Kabid Humas Polda Riau AKBP Sunarto mengatakan, temuan puluhan ribu KTP-el maupun blangko kosong KTP-el tersebut berawal dari beredarnya video yang menunjukkan ada sekitar 25 dus berisi KTP-el dan blangko kosong KTP-el di gudang PT Riau Agro Mandiri. 

"Total yang ditemukan yakni 25 dus berukuran besar dan kecil. Temuan itu langsung ditindaklanjuti Polresta Pekanbaru dengan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, Disdukcapil Provinsi Riau, dan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI," ungkap Sunarto, Selasa (26/6/2018) 

Hasil koordinasi tersebut, sambung Sunarto, terungkap bahwa gudang itu adalah tempat penyimpanan alat-alat percetakan dari perusahaan PT Cerya Riau Mandiri Printing. Perusahaan ini merupakan satu dari 10 perusahaan pencetak KTP-el yang mendapat izin dari Kemendagri pada tahun 2011.
 
"KTP elektronik maupun blangko yang ditemukan adalah blangko kosong tanpa chip. Jumlahnya sebanyak 25 dus, dalam keadaan rusak. Menghindari hal yang tidak diinginkan, para pihak telah berkoordinasi pada 25 Juni 2018 dan sepakat memusnahkan seluruh KTP-el dan blangko KTP-el tersebut," ungkapnya.  
 
Lokasi pemusnahan berada di area gudang PT Riau Agro Mandiri. Ditambahkan Sunarto, total seluruh KTP-el yang rusak sebanyak 25 dus, sedangkan blanko KTP-el dalam bentuk lembaran yang belum terpotong sebanyak 2 dus.

Jumlah keseluruhan KTP-el maupun blangko KTP elektronik yang ditemukan sebanyak 67.500 keping. "Pemusnahan langsung dilakukan dengan cara dibakar," ujarnya.

Provinsi Riau akan menggelar Pilgub Riau 2018. Sebanyak empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau maju dalam pilkada serentak tahun ini. Mereka adalah, Syamsuar dan Edi Nasution (nomor urut 1), Lukman Edy dan Hardianto (2), Firdaus dan Rusli Efendi (3), dan Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno (4).





Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   riau
BP BATAM
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja Purnomo Andiantono dan Direktur Politehnik Negeri Batam ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, seluruh stakeholders melaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019, di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, ..