Bank Indonesia Bebaskan Beli Rumah Pertama Tanpa DP
Sabtu, 30/06/2018 14:33:34
Ilustrasi

KABARBATAM.com- Bank Indonesia (BI) menerbitkan kebijakan baru terkait Loan to Value (LTV) atau aturan mengenai Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Membeli rumah pertama kini tak harus menyetor uang muka atau DP. 

Jika dalam aturan sebelumnya, BI mengatur DP sebesar 10 persen bagi setiap pembelian rumah pertama. Uang muka 10 persen itu  dari harga rumah. Namun kebijakan itu dihapus. BI membebaskan besaran DP ke masing-masing perbankan. 

"Kami sudah tidak mengatur mengenai besaran LTV untuk rumah pertama, itu diserahkan kepada manajemen resiko masing-masing perbankan," kata Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Jumat (29/6/2018).

Tidak hanya itu, BI juga menyederhanakan ketentuan LTV untuk urutan kepemilikan rumah. Jika di aturan sebelumnya kepemilikan rumah kedua diatur DP 15 persen dan rumah ketiga dan selanjutnya DP 20 persen, kini disederhanakan menjadi DP 15 persen untuk kategori kepemilikan rumah kedua dan seterusnya.

Perry menjelaskan, kebijakan LTV ini diharapkan bisa mendorong sektor kredit properti sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah tingginya sentimen global.

"Kenapa demikian, karena kalau kredit properti ini bisa meningkat akan menimbulkan multiplayer effect yang luar biasa ke berbagai sektor seperti meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja, bahan bangunan, dan sebagainya," tegas Perry.

Sebagai syarat, perbankan yang bisa menerapkan kebijakan kelonggaran LTV ini adalah pertama, perbankan yang memiliki rasio kredit bermasalah (NPL) nett kurang dari 5 persen. Dan kedua, rasio NPL KPR gross kurang dari 5 persen.

"Kebijakan ini akan berlaku pada 1 Agustus 2018," tegas Perry.


Sumber  : mdk/dtc
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   properti
BP BATAM
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja Purnomo Andiantono dan Direktur Politehnik Negeri Batam ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, seluruh stakeholders melaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019, di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, ..