Klarifikasi tvOne soal Berita Hoax Argentina Menang Lawan Prancis
Minggu, 01/07/2018 15:53:13
tvOne. (Foto: net)

KABARBATAM.com- Capture tayangan TvOne World Cup 2018 yang mencantumkan Piala Dunia: Argentina menang 4-3 atas Prancis memantik kemarahan managemen tvOne. Mereka merasa dirugikan oleh produk editan tersebut, karena TVone sama sekali tidak menayangkan World Cup 2018.

Kejahatan di media sosial sekaligus penyebaran hoax itu dilakukan akun twitter @bola_gila. Akun itu merelease produk editan seakan-akan tvOne menayangkan pertandingan World Cup 2018 antara Argentina vs Prancis. 

Ironinya, skor pertandingan diedit sehingga Argentina menang 4-3 atas Prancis. Padahal skor pertandingan yang benar adalah 3-4 atas kemenangan Prancis. Managemen tvOne sontak geram. 

Public Relation Manager tvOne, Raldy Doy mengungkapkan, tindakan menyebar hoax dengan mengedit skor ini sangat merugikan nama baik tvOne. "Atas tindakan ini, tvOne akan segera melaporkan account ini ke kepolisian," kata dia, Minggu (1/7/2018).

Dia membeberkan bahwa pada 30 Juni 2018 Pukul 23:09 WIB, pertama, tvOne tidak menayangkan program Kabar Arena malam melainkan program One Pride Pro Never Quit. Kedua, Program Kabar Arena tidak tayang pada hari Minggu, baik dini hari atau malam. Ketiga, presenter Sandra Olga, di waktu yang sama tidak sedang bertugas di tvOne. 

"Sebagai tv berita yang menjunjung tinggi etika jurnalistik, kami mengecam keras tindakan seperti ini," ujarnya geram.

Raldy mengatakan, pihaknya meminta pelaku pembuat produk hoax ini supaya segera menyampaikan permohonan maaf. 
Semoga tindakan tidak terpuji yang menipu publik seperti ini bisa ditindak secara tegas yang menimbulkan efek jera agar masyarakat tidak disuguhi tipuan-tipuan yang merusak.

Seperti diketahui, tayangan World Cup 2018 hanya ditayangkan oleh Trans Corp, K-Vision, Telkom (UseeTV), dan Indovision. Dia menjelaskan, pihaknya menerima viral di medsos itu pada Pukul 09.30 WIB. Untuk itu, Cyber Crime Polri harus segera mengusut kejahatan yang dilakukan tersebut sebab ini merusak nama baik TvOne. "Ini merusak image kami, ini merusak informasi," imbuhnya.

Saat ini pihak manajemen juga melakukan investigasi atas masalah ini. Adapun soal efek kepada bisnis TvOne atas masalah ini masih belum bisa dijelaskan. "Saya klarifikasi dulu mas soal ini. Nanti yang lebih dalam lagi," ujar Raldy Doy.


Sumber  : Kontan.co.id
Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   nasional-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Harapan besar muncul terhadap Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Perhelatan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE)Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..