KNKT akan Selidiki Penyebab Tenggelamnya KM Lestari Maju Tenggelam
Rabu, 04/07/2018 22:41:40
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau lokasi evakuasi korban tenggelamnya KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan. (Foto: merdeka.com)

MAKASSAR, KABARBATAM.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menginvestigasi penyebab kandasnya KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Budi merasa turut berduka cita atas meninggalnya 34 penumpang KM Lestari Maju saat sedang berlayar menuju Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel. 

"Saya menyesalkan dan saya berharap ini tidak terulang kembali. Kami meminta semua pihak segera melakukan langkah cepat terkait kecelakaan kapal ini," kata Budi, Rabu (4/7/2018).

Dia mengatakan, tenggelamnya kapal tersebut akan dijadikan momentum untuk dilakukan perbaikan di seluruh sektor moda transportasi khususnya laut. Karena pada dasarnya, kata Budi, ada peraturan standar yang harus dilakukan.

"Pertama adalah prasarana, kedua tatalaksana, dan ketiga adalah sarana itu sendiri. Karenanya harus ada suatu klarifikasi cek and ricek yang akan dilakukan setahun dua kali," jelasnya.

Sesuai amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan keselamatan, lanjut Budi, Kemenhub akan segera memanggil dan mengumpulkan Kadishub seluruh Indonesia agar pesan-pesan yang tercantum dalam UU dan aturan bisa dilaksanakan dengan baik.

"Kami juga akan melakukan pendidikan ulang kepada Syahbandar. Ini penting agar mereka bisa memahami secara baik UU dan peraturan yang berpihak kepada keselamatan penumpang," tegas Budi yang didampingi Dirjen Hubla dan Ketua KNKT.

Dia membantah pengawasan lemah menjadi penyebab maraknya kapal tenggelam hingga menewaskan penumpang. "Setelah adanya otonomi daerah maka personel dari pusat yang ditugaskan di daerah relatif sedikit dan fasilitasnya kurang memadai. Ini nanti akan kami bicarkan dengan Menpan-RB terkait pengawasan dari pusat. Jangan sampai ini menjadi salah paham," ujarnya.

Seperti diketahui, KM Lestari Maju tujuan Pamatata dinakhodai oleh Agus Susanto. Sesuai manifest ada 139 penumpang. Kapal ini juga membawa kendaraan roda dua sebanyak 18 unit, kendaraan roda empat sebanyak 14 unit, kendaraan golongan 5 sebanyak 8 unit dan kendaraan golongan 6 sebanyak 8 unit dengan jumlah total seluruhnya 48 unit kendaraan. 


Sumber  : Merdeka.com
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja Purnomo Andiantono dan Direktur Politehnik Negeri Batam ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, seluruh stakeholders melaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019, di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, ..