KPU Batam Keukeuh Tolak Caleg Mantan Narapidana Korupsi
Jumat, 06/07/2018 15:57:16
Ilustrasi (Foto: net)

BATAM, KABARBATAM.com - Ketua KPU Batam Syahrul Huda menegaskan nama-nama bakal calon legislatif yang diusulkan parpol harus memperhatikan keterlibatan perempuan di dalamnya. Bahkan keberadaan perempuan wajib 30 persen.

"Besaran keterlibatan perempuan wajib 30 persen dari jumlah calon yang diajukan," kata Syahrul Huda, Jumat (6/7/2018).

Syahrul juga mengatakan posisi perempuan yang dicalonkan mendapatkan keistimewaan dibandingkan calon laki-laki, yakni bacaleg perempuan harus berada di nomor urut teratas barulah disusul laki-laki.

Syahrul mencontohkan seperti pada urutan 1 hingga ke 3, wajib ada satu bacaleg perempuan dan berlaku kelipatan. "Jadi dari urutan 1-3 wajib ada bacaleg perempuan," jelasnya.

Selain itu Syahrul menambahkan pihaknya juga berpegang pada rancangan Peraturan KPU yang melarang mantan narapidana kasus korupsi untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Legislatif 2019.

"Kami tetap mengikuti aturan KPU Pusat, apa yang berlaku dipusat, itu yang kami jalankan," katanya. Untuk pendaftaran bacaleg 2019, Syahrul mengaku sudah dibuka pendaftarannya, yakni sejak tanggal 14 Juli 2018 sampai dengan 17 Juli 2018 mendatang.

"Waktu pendaftarannya kami bukan dati pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, sementara untuk hari terakhir kami tunggu hingga pukul 00.00 WIB," ujarnya.

Ditanya apakah sudah ada bacaleg yang mendaftarkan diri, Syahrul mengaku hingga hari kedua pendaftaran ini belum ada bacaleg yang mengambil formulir dan melakukan pendaftaran. (mau)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Acara pembukaan Kejuaraan Nasional Bandung Karate Club (BKC) 2018 bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam dibuka dengan resmi oleh Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Usulan pengajuan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bintan Tahun 2019 telah ditandatangani oleh Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi. Usulan UMK tersebut sebesar ..