Lukita: Ekonomi Batam Tumbuh 4,47 Persen di Triwulan I/2018
Sabtu, 07/07/2018 19:07:46
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyampaikan paparannya dalam acara Membedah dan Menyikapi Pertumbuhan Ekonomi Batam Triwulan I/2018 di Grand I Hotel Batam, Rabu (4/7/2018). (Foto: Humas BP Batam)

BATAM, KABARBATAM.com- Pertumbuhan ekonomi di Kota Batam meningkat pada triwulan I Tahun 2018 yakni mencapai 4,47 persen. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada triwulan I tahun 2017, pertumbuhan ekonomi Batam hanya berada di angka 2 persen.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, peningkatan pertumbuhan ekonomi Batam tersebut dirilis dari BKS Bank Lembaga Indonesia. 

"Selain itu, pendaftaran Penanaman Modal Asing (PMA) juga mengalami peningkatan empat kali dibandingkan tahun 2017,” ujar Lukita dalam pemaparannya di acara Membedah dan Menyikapi Pertumbuhan Ekonomi Batam Triwulan I/2018 di Grand I Hotel Batam, Rabu (4/7/2018).

Kegiatan ini diikuti seluruh pelaku usaha, asosiasi dan himpunan pengusaha, Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri, organisasi masyarakat, serta organisasi usaha di Kota Batam. 

Lukita mengungkapkan, BP Batam optimis investasi di Pulau Batam terus meningkat, hingga bisa mencapai target sebesar 7 persen sesuai yang dicanangkan. Berbagai upaya terus dilakukan BP Batam, termasuk merespon kebutuhan para pelaku usaha agar perekonomian di Batam terus bergerak dan pertumbuhan ekonomi dan investasi semakin meningkat.

“Kami terus berupaya bersinergi dengan para pelaku usaha. Kami merespon apa yang menjadi kebutuhan mereka. Adanya hambatan yang dirasakan pelaku usaha, seperti penambahan biaya logistik di pelabuhan, kami akan berkoordinasi dan meminta Pelindo 1 agar bisa memfasilitasi,” ujar Lukita.

Seiring meningkatnya investasi di Batam, Lukita juga mengapresiasi hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam. MPP Batam juga memberikan kontribusi sehingga berbagai proses perizinan investasi lebih mudah dan cepat selesai.

"Pelayanan perizinan investasi, seperti program i23J oleh BP Batam merupakan bukti keseriusan kami memberikan pelayan perizinan terbaik dan cepat bagi para investor yang menanamkan investasinya di Batam," ujarnya. 

Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, menambahkan, ada beberapa faktor yang mendukung pertumbuhan ekonomi di Batam meningkat di bandingkan tahun lalu. Tahun ini, ekonomi Batam pada triwulan I 2018 tumbuh 4,4 persen

”Sektor usaha yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Batam, di antaranya meningkatnya sektor konstruksi di Batam, termasuk retail dan meningkatnya daya komsumsi masyarakat Batam," ujar Gusti Raizal. 

Pihaknya berharap agar BP Batam dapat mendukung dan mengembangkan sektor-sektor lain untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Batam. Sektor pariwisata misalnya, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian di Batam.

"Masuknya beberapa investor asing atau PMA di Batam juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah ini, sehingga mampu menterap lebih banyak tenaga kerja dan ekonomi Batam bisa lebih menggeliat lagi," ujarnya.  

Tema diskusi yang diselenggarapan BP Batam mendapat respon positif dengan munculnya beragam pertanyaan, saran, dan masukan yang disampaikan para pelaku usaha, asosiasi maupun HKI, dan peserta diskusi yang hadir. (*) 


Editor  : Anwar
Tags
   
   bp-batam
BP BATAM
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja Purnomo Andiantono dan Direktur Politehnik Negeri Batam ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, seluruh stakeholders melaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019, di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, ..