OSS Resmi Diluncurkan, Perizinan Berusaha bagi Investor Makin Mudah
Senin, 09/07/2018 15:42:40
Peluncuran OSS di Jakarta, Senin (9/7/2019). (Foto: Liputan6.com)

KABARBATAM.com- Kementerian Bidang Perekonomian resmi meluncurkan Sistem Online Single Submission (OSS), Senin (8/7/2918). Sistem ini diharapkan mampu mempermudah sistem perizinan berusaha bagi investor di Indonesia, baik pusat maupun daerah.

Sistem berusaha terintegrasi secara elektronik atau OSS ini resmi diluncurkan Kemenko Bidang Perekonomian di Gedung Graha Sawala Kemenko, Jakarta.

Dalam peluncuran sistem ini, turut hadir beberapa pejabat kementerian, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, MenPAN-RB Asman Abnur, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Hadir juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menkominfo Rudiantara, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. 

Selain itu, hadir Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Ketua BKPM Thomas Lembong.

Selain itu, peluncuran OSS ini juga dihadiri perwakilan dari pengusaha yakni Sofjan Wanandi dan perwakilan dari Sekretariat Negara RI Jenderal TNI Moeldoko.

Setelah melakukan peresmian bersama-sama jajaran kementrian, acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan sistem OSS Lounge di Kantor Kemenko. Menko Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, sistem OSS ini diharapkan mampu menyederhanakan perizinan berusaha, baik di pusat maupun daerah.

"Dengan diluncurkannya sistem OSS ini, kami jajaran Kemenko dan BKPM serta jajaran terkait lainnya mengharapkan sistem OSS ini mampu memudahkan perizinan usaha bagi para pengusaha, baik kecil, menengah, ataupun besar," papar Darmin.

Rencananya, ke depan, sistem OSS ini akan secara resmi dijalankan di Kantor BKPM, karena menurut Darmin, BKPM lah yang lebih mempunyai kewenangan untuk mengembangkan sistem OSS ini.

Sementara itu, Ketua BKPM Thomas Lembong, mengatakan, sistem OSS ini sangat diperlukan di Indonesia agar mampu memajukan perekonomian Indonesia, terlebih untuk memudahkan investor untuk berinvestasi.

"Saya selaku Ketua BKPM sangat mendukung usaha yang dilakukan oleh Kemenko agar mampu memajukan perekenomian Indonesia. Dengan diluncurkannya sistem OSS ini, regulasi untuk para investor menjadi lebih mudah," ujarnya.



Sumber  : Kontan.co.id
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   bisnis
   
   metropolitan-
   
   nasional-
BP BATAM
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja Purnomo Andiantono dan Direktur Politehnik Negeri Batam ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, seluruh stakeholders melaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019, di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, ..