Melongok Kawasan Bandara yang Dibangun Salim Grup di Bintan
Selasa, 10/07/2018 16:07:55
Ilustrasi desan bandara yang akan dibangun Salim Grup bersama PT Angkasa Pura II di Kabupaten Bintan. (Foto: Kontan.co.id)

BINTAN, KABARBATAM.com- Investor maupun pengelola kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan, terus berlomba membangun infrastruktur untuk menjadikan wilayah ini semakin berkembang ke depan. Salah satunya, membangun bandara internasional untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Lagoi.  

Adalah Bintan Resort, yang merupakan investor asal Singapura yang masuk ke Kabupaten Bintan tak lama lagi segera membangun bandara baru di wilayah tersebut. Pembangunan bandara milik swasta itu akan dibangun Salim Group lewat Bintan Aviation Investments. 

Informasi yang dihimpun, bandara ini akan diberi nama Bintan Resort International Airport. Bandara ini merupakan bandara pertama yang dibangun swasta di Bintan. 

Arya Pratama Waskitha, Eastate Operations Manager The Haven Bintan, mengatakan, kehadiran bandara tersebut akan semakin memperlengkap fasilitas dan infrastruktur di Bintan Resort. "Selain memiliki keindahan alam yang sangat bagus, infrastruktur kawasan tersebut juga akan semakin lengkap ke depan," ujarnya. 

Bintan Aviation Investments akan bermitra dengan PT Angkasa Pura II, selaku BUMN yang akan mengoperasikan bandara tersebut setelah pembangunan rampung. 

Saat ini, pembangunan bandara ini telah mendapat izin prinsip dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta izin penetapan lokasi dari Menteri Perhubungan.

Selain bandara baru tersebut, Pemkab Bintan tengah mengajukan pembangunan jembatan dari Tanjung Uban ke Telagapunggur Batam. Jika itu terealisasi maka akses menuju Bintan akan semakin mudah. 

"Penduduk Batam akan dengan mudah masuk ke Bintan dan ini akan semakin membuat prospek Bintan sebagai kawasan wisata akan semakin bagus," kata Arya.

The Haven Bintan menjadi pengembang teranyar yang masuk ke Bintan Resort.  Mereka akan menggarap kondominium berkonsep resor seluas 26 hektare. Proyek itu akan menjadi proyek kondominium pertama yang akan dibangun di kawasan tersebut.

Rencananya, The Haven Bintan akan membangun enam tower kondominium, satu gedung hotel, convestion center, vila dan wealthness center. Investasi yang ditanamkan untuk proyek itu mencapai USD1,4 miliar. Tahap pertama akan dibangun dua tower kondominium strata title dengan kapasitas 556 unit.

Kondominium tersebut akan dijual tidak hanya ke warga Indonesia tetapi juga ke warga maupun pengusaha Singapura, Malaysia, Jepang, Hong Kong, Korea, China, dan Timur Tengah.  

Harganya dibanderol Rp70 juta per m2. lengkap dengan perabotan. Tahap pertama itu ditargetkan akan rampung dibangun dalam waktu sekitar 2,5 tahun. (*)



Sumber  : Kontan.co.id
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   bintan
   
   bisnis
   
   nasional-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Merespon keinginan dunia usaha agar proses perizinan cepat, mudah, dan langsung terintegrasi secara online, Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Sosialisasi Kemudahan ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau memberikan bantaun dana sebesar Rp50 Juta kepada pengurus Masjid Dhiyaul Janah, Kelurahan Tembesi, Sagulung, Kota ..