Program TMMD, Tingkatkan Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat Natuna
Selasa, 10/07/2018 19:36:53
Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal M.Si memimpin upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-102 oleh Kodim 0318 Natuna, Selasa (10/7/2018) pagi.(Foto: afrizal)

NATUNA , KABARBATAM.com- Bertempat di lapangan bola Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal M.Si tampak bersemangat memimpin upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-102 oleh Kodim 0318 Natuna, Selasa (10/7/2018) pagi.

Kegiatan ini menjadi momentum bagi Abdul Hamid Rizal dalam percepatan pembangunan di wilayah pedesaan di Kabupaten Natuna. Pembukaan TMMD ditandai dengan penandatanganan naskah program TMMD dan penyerahan sarana kerja kepada prajurit TNI serta masyarakat setempat.

Dalam amanatnya, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan TMMD karena hasil karya nyata TNI di tengah-tangah masyarakat Kabupaten Natuna khususnya. Menurutnya, program TMMD ini sangat membantu daerah perbatasan Natuna dalam rangka percepatan pembangunan.

"Program ini tidak hanya membawa manfaat bagi percepatan pembangunan di daerah tertentu, melainkan meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan," ujarnya. Tidak hanya itu, melalui kegiatan fisik dan non fisik yang dilakukan selama 30 hari ini, Program TMMD juga dapat membangkitkan nilai-nilai kebersamaan dan semangat gotong royong di tengah masyarakat.

Sementara itu, Dandim 0318 Natuna Letkol Inf. Yusuf Rizal dalam laporannya menjelaskan, sasaran TMMD di Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga meliputi kegiatan fisik dan non fisik.

Kegiatan fisik di antaranya, pembangunan semenisasi jalan lingkungan luar kecamatan Pulau Tiga sepanjang 437 meter, lebar 5 meter, tebal 0.15 meter. "Untuk pembangunan ini mendapatkan alokasi anggaran Rp850 juta bersumber dari APBD Kabupaten Natuna," ucap Dandim.

Dandim menambahkan, nantinya juga akan ada pembuatan gorong-gorong satu unit di sepanjang jalan tersebut. Sementara untuk kegiatan non fisik, sambung Dandim Yusuf, sumber anggaran akan dikeluarkan oleh Kodim 0318/Natuna.

Dalam TMMD juga akan diserahkan berupa penghargaan kepada masing-masing Kepala Daerah terbaik yang telah membantu TNI dalam program tersebut dengan besaran kontribusi  paling maksimal. Selain itu, diserahkan juga penghargaan kepada pamenang lomba karya jurnalistik di kategori media cetak dan online maupun media elektronik.

Usai membuka TMMD, Bupati Hamid Rizal bersama Dandim 0318 Natuna Letkol Inf. Yusuf Rizal, Ketua DPRD Natuna Yusripandi,  Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K dan sejumlah pimpinan SKPD di jajaran Pemerintah Natuna, serta rombongan lainnya meninjau kegiatan sunat massal dan pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Kodim 0318 Natuna. (zal)



Editor  : Anwar
Tags
   
   natuna
BP BATAM
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja Purnomo Andiantono dan Direktur Politehnik Negeri Batam ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, seluruh stakeholders melaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019, di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, ..