BMKG Kirim Tenaga Ahli Teliti Dentuman Misterius di Batam
Rabu, 11/07/2018 19:31:28
Ilustrasi

BATAM, KABARBATAM.com- Menindaklanjuti dentuman kuat yang mengejutkan warga Batam, Selasa, 10 Juli 2018 kemarin, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam akan mendatangkan tenaga ahli dari BMKG Jakarta untuk meneliti dentuman tersebut. 

Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Suratman, mengatakan, BMKG Hang Nadim akan berkonsultasi lebih lanjut dengan BMKG Jakarta. "Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan BMKG Jakarta. Kami juga menunggu respon dari Pemko Batam untuk bersama-sama mencari tahu sumber dentuman tersebut,"  
ujar Suratman. 

Dia mengatakan, dentuman yang cukup kuat di Batam merupakan dentuman yang keempat kalinya terdengar oleh masyarakat Batam. Sejauh ini, kata Suratman, BMKG belum bisa mendeteksi asal muasal dentuman tersebut. 

"Meski dentuman yang terjadi kemarin tercatat oleh sensor seismik BMKG di Tanjungpandan, Bangka Belitung, namun sumbernya tidak dapat dideteksi apakah dentuman itu gempa atau ledakan karena sinyal seismiknya terdapat banyak noise," ujarnya. 

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemko Batam dan berharap Wali Kota Batam mengirim surat ke BMKG. "Jika Pemko mengirim surat ke BMKG, kami akan segera menindaklanjuti untuk menurunkan tim untuk meneliti dentuman tersebut," ujarnya. 

Meski dentuman disertai getaran dirasakan warga Batam di sejumlah wilayah, Suratman mengaku, kekuatan dentuman itu masih terbilang lemah. Jika dentumannya dan goncangannya kuat, kata dia, ada kemungkinan bangunan retak dan kaca jendela atau pintu pecah. 

Kabag Humas Pemko Batam, Yudi Admaji mengatakan, Pemko Batam segera merespon dentuman keras yang mengejutkan warga Batam. Pihaknya juga akan menginformasikan hal tersebut langsung ke Wali Kota Batam. 

"Besok kami akan menyampaikan langsung ke Pak Wali Kota. Kebetulan Pak Wali Kota baru tiba di Batam setelah menghadiri sebuah acara di Singapura. Mudah-mudahan segera ada upaya yang dilakukan Pemko Batam menindaklanjuti dentuman yang meresahkan warga Batam tersebut," ujarnya. 


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Acara pembukaan Kejuaraan Nasional Bandung Karate Club (BKC) 2018 bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam dibuka dengan resmi oleh Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana ..
KEPRI
BINTAN, KABARBATAM.com- Usulan pengajuan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bintan Tahun 2019 telah ditandatangani oleh Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi. Usulan UMK tersebut sebesar ..