Perdana, Natuna Tuan Rumah Parade Tari Daerah 2018
Kamis, 12/07/2018 09:55:31
Suasana pembukaan Parade Tari Daerah 2018 di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. (Foto: datariau)

NATUNA, KABARBATAM.com- Dalam rangka memajukan budaya dan seni di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri menggelar parade tari daerah tingkat Provinsi Kepri di Pantai Kecana Ranai, Rabu (11/7/2018) malam.

Acara yang dimulai sekitar pukul 20.30 WIB itu menghadirkan 6 perwakilan para penari dari setiap Kabupaten Kota se-Provinsi Kepri di antaranya Kota Tanjungpinang, Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, dan perwakilan dari tuan rumah Kabupaten Natuna

Sementara Juri dalam parade tari tersebut berjumlah 3 orang di antaranya berasal dari Jakarta dan Kepri. Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasihnya atas dipilihnya Natuna menjadi tuan rumah ajang parade tari daerah tingkat Provinsi Kepri tahun 2018.

Menurutnya ajang tersebut tidak hanya sebuah ajang yang mencari bakat, namun tidak lain juga untuk mempererat tali silaturrahmi antar daerah se-Provinsi Kepri. "Pada tahun ini Natuna di percaya sebagai tuan rumah tingkap Provinsi Kepri, saya mengucapakan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan," ucapnya.

Hamid Rizal berharap, para pihak pelaksana maupun juri untuk dapat menjadikan kegiatan tersebut tetap netral tanpa ada kepentingan pribadi, serta menjadikan event seni budaya pariwisata yang dapat dilaksanakan setiap tahunnya guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kita berharap agar seniman pada kegiatan malam ini netral dan tidak membawa kepentingan pribadi. Dan diharapkan Pemerintah Kabupaten dan kota dapat menjadikan event parade tari daerah ini sebagai kegiatan rutin menjadikan pariwisata Kepri menarik perhatian wisatawan," harap Hamid.

Di akhir sambutannya, orang nomor satu di Natuna itu mengajak seluruh masyarakat Natuna khususnya untuk antusias menyaksikan beberapa event yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna pada bulan ini.

"Selain pelaksanaan parade tari daerah, kami juga mengajak seluruh masyarakat Natuna untuk meramaikan event-event wisata lainnya seperti pemutaran film Jelita Sejuba pada tanggal 16 Juli, dan festival layang-layang pada 25 Juli mendatang," ajak Hamid mengakhiri.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri Dr. H. Yatim Mustafa menerangkan, parade tari daerah tingkat Provinsi adalah merupakan event parade yang digelar bergilir menjadi tuan rumah di setiap kabupaten dan kota se-Provinsi Kepri. Daerah yang memenagkan ajang parade, selanjutkan akan ditetapkan menjadi tuan rumah pada tahun mendatang.

"Kegiatan ini adalah program Dinas Kebudayaan pada setiap tahunnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan bergilir yang menjadi tuan rumah," jelasnya.

Lanjut Mustafa menjelaskan, pemenang dalam ajang parade tari daerah itu nantinya akan dikirim ke tingkat Nasional sebagai duta Provinsi Kepri di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. "Kalau terpilih sebagai pemenang, nantinya akan di kirim ke Jakarta mewakili Provinsi Kepri dalam ajang parade tari tingkat nasional," ujarnya.

Sejauh ini, kata Mustafa, Provinsi Kepri hampir setiap tahun masuk dalam daftar terbaik ke-13 dari 34 Provinsi di Indonesia dalam ajang parade tari daerah. Untuk itu ia berharap, para juri agar dapat netral dalam memberikan penilaian tanpa ada kepentingan pribadi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi mengarak piala Parade Tari Provinsi Kepri yang diikuti pemenang parade tari tahun 2017 Kabupaten Karimun dan masing-masing kabupaten kota.

Selanjutnya dilakukan penyerahan piala bergilir kepada Gubernur Kepri yang diwakili oleh staf ahli Bidang Sosial Kesehahteraan Rakyat dan Pengembangan SDM Provinsi Kepri Dr. Syamsuardi, dan selanjutnya diserahkan kembali kepada panitia. (zal)


Editor  : Anwar
Tags
   
   metropolitan-
BP BATAM
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Direktur Pengembangan Manajemen Kinerja Purnomo Andiantono dan Direktur Politehnik Negeri Batam ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, seluruh stakeholders melaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2019, di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, ..