Peserta SSDN Lemhannas 57 Kunjungi Industri Galangan Batam
Jumat, 20/07/2018 11:41:01
Ketua rombongan Marsda TNI Tri Budi Satryo saat menerima cendra mata dari Presiden Direktur PT PT Citra Shipyard

BATAM, KABARBATAM.com - Sedikitnya 25 peserta Studi Strategis Dalam Negeri Program Pendidikan Reguler Angkatan LVII (SSDN PPRA 57) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI mengunjungi PT Citra Shipyard.

Kedatangan mereka dalam rangka untuk mencari tahu menurunnya industri galangan kapal di Indonesia.

Ketua rombongan Marsda TNI Tri Budi Satryo yang juga tenaga ahli pengajar bidang ideologi di Lemhannas mengatakan diambilnya PT Citra Shipyard sebagai tempat untuk mencari informasi menurunnya industri galangan kapal di Batam, karena perusahaan ini terbilang eksis, meski saat ini ekonomi global sedang anjlok-anjloknya.

"Makanya untuk tim yang ke Batam, kami lakukan di PT Citra Shipyard," kata Tri Budi, Jumat (20/7/2018).

Dari kunjungan ini peserta SSDN PPRA 57 Lemhanas mendengar langsung keluh kesah manajemen PT Citra Shipayard tentang indutri galangan kapal di Batam saat ini, yang disampaikan General Manajernya Abi.

"Geliat industri galangan kapal di Batam masih belum stabil. Berbagai persoalan yang dihadapi selama ini belum dapat diatasi dengan baik, sehingga masih berdampak pada sepihnya order pembuatan kapal dan lain sebagainya," kata Tri Budi.

"Dari informasi yang kami dapat, di Batam sejak tahun 2014 memang menurun drastis geliat industri galangan kapal," kata Tri Budi menambahkan.

Selain karena situasi ekonomi global yang kurang baik, Tri Budi melihat adanya birokrasi pemerintah yang masih berbelit-belit dan menjadi salah satu kendala bagi perusahaan galangan kapal untuk berkembang.

Salah satunya permasalahan pada pajak impor barang (PIB) di Kementerian Perhubungan. Dimana beberapa waktu lalu manajemen PT Citra Shipyard sempat terkendala dengan deliveri tiga unit kapal yang mereka kerjakan, itu karena ketidak pastian PIB tadi. (mau)



Editor  : Satriyo
Tags
   
   batam
   
   industri
   
   investasi
   
   pertumbuhan-ekonomi
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Singapura Gavin Chay, di Kantor DPRD Kepri, Selasa (14/8/2018). Kunjungan ini dalam ..