Warga Rohul Merinding Lihat Pesawat TNI Luncurkan Roket dari Udara
Sabtu, 21/07/2018 16:11:01
Suasana latihan antar satuan Koopsau I Jalak Sakti tahun 2018 yang dipusatkan di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Riau, Jumat (20/7/2018).

PEKANBARU, KABARBATAM.com- Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, mengerahkan seluruh personel dan alutsista dalam latihan antar satuan Koopsau I Jalak Sakti tahun 2018 yang dipusatkan di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Riau, Jumat (20/7/2018).

Walaupun matahari saat itu cukup terik, tidak mengurangi semangat masyarakat Rokan Hulu untuk menyaksikan dari dekat unjuk kebolehan para prajurit TNI Angkatan Udara yang bertugas dalam menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Dimulai dengan sebuah sequence penculikan yang menegangkan, di skenariokan bahwa pada saat itu salah satu tokoh berpengaruh di negara ini diculik oleh pasukan musuh. Segera, Presiden dengan Persetujuan DPR  memerintahkan kepada Panglima TNI untuk melaksanakan tindakan kontinjensi.

Sampailah perintah operasi tersebut kepada Pangkoopsau I, selanjutnya Pangkohanudnas memerintahkan dua pesawat tempur Hawk 200 untuk melaksanakan pengejaran terhadap dua pesawat tempur musuh yang melintasi wilayah udara NKRI,  sehingga pertarungan udarapun tidak terelakkan. 

Masyarakat yang hadir dengan penuh kebanggaan tak henti-hentinya memberikan applaus yang meriah saat menyaksikan manuver-manuver pesawat tempur di udara yang sangat menegangkan. 

Sequence selanjutnya, masyarakat dibuat bangga dengan dipertontonkan suguhan ratusan penerjun payung yang diterjunkan secara cepat untuk segera melakukan penyerangan. 

Disusul dengan aksi Air Landed dengan menurunkan personel dan alutsista persenjataan dari pesawat di runway tanpa berhenti, untuk kemudian pesawat Hercules C-130 dengan kekuatan penuh take off lagi untuk melanjutkan misi selanjutnya. 

Masyarakat semakin berdebar ketika dimulainya operasi pembebasan sandera. Operasi pembebasan ini diiringi suara letusan yang bertubi-tubi sehingga menambah suasana tegang dalam latihan tersebut. 

Tidak berhenti disitu, masyarakat lagi-lagi dibuat takjub dengan luncuran roket dari pesawat tempur dengan dalam kecepatan tinggi dapat tepat menghancurkan sasaran yang telah ditentukan. 

Warga mengaku tegang melihat unjuk kebolehan prajurit-prajurit TNI AU tersebut. "Baru kali saya melihat latihan seperti ini. Apalagi melihat pesawat tempur yang juga melakukan penembakan dari udara. Jadi merinding kami sekeluarga," aku Ida sambil menggendong anaknya. (*)



Editor  : Andi Cahyadi
Tags
   
   riau
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali menggelar festival budaya berskala internasional yang bertajuk Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Event ini kerja sama ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..