Mengharukan..Dua Nelayan Bintan yang Dikabarkan Hilang, Pulang dengan Selamat
Senin, 23/07/2018 20:51:29
Ilustrasi (Foto: net)

TANJUNGPINANG, KABRBATAM.com– Dua nelayan asal Desa Kelong, Kabupaten Bintan yakni Haidan dan Dery yang dikabarkan hilang saat melaut, sudah ditemukan dan pulang dalam keadaan sehat walafiat. 

Keduanya ditemukan dalam kondisi selamat di Desa Landak, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepri. Kabar tersebut diperoleh Bhabinkamtibmas Desa Kelong Brigadir M.Kurniawan, Senin (23/7/2018). 

Informasi tentang kondisi kedua nelayan diperoleh Kurniawan saat dirinya dihubungi Linda, kakak Haidan. Dalam perbincangan melalui telepon itu, Linda mengabarkan bahwa adiknya dan Dery telah ditemukan di Desa Landak, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas. 

"Untuk membuktikan informasi tersebut, saya mendatangi rumah Linda sekira pukul 07.30 WIB pagi tadi," ujar Kurniawan. Dalam pertemuan yang berlangsung di rumah Linda, Kurniawan mendapatkan kronologi kejadian yang menyebabkan dua nelayan tersebut loscontact.

Dia menuturkan, Senin (23/7/2018) sekitar pukul 05.20 WIB, Fatimah yang tak lain makcik Dery yang tengah duduk di pelantar rumahnya di Desa Landak, Jemaja, Anambas dikejutkan ketika sebuah perahu pompong tiba-tiba bersandar pelantar. Dua orang yang turun dari kapal itu ternyata Haidan dan Dery.

Sontak Fatimah terkejut. Pasalnya, ia sebelumnya mendapat kabar dari Kabupaten Bintan soal hilangnya dua nelayan tersebut saat melaut. Rasa gembira bercampur haru terpancar dari raut wajah Fatimah. Ia pun segera mengajak keduanya masuk ke rumah.

Fatimah segera menelepon Linda di Desa Kelong, Kabupaten Bintan dan mengabarkan bahwa Dery dan Haidan ditemukan selamat dan keduanya berada di rumahnya di Anambas.

Kurniawan menambahkan, masih dari kronologi seperti yang disampaikan Dery dan Haidan kepada Fatimah bahwa, pada Senin 9 Juli 2018 keduanya melaut di perairan Berakit, Bintan. Kapal yang mereka tumpangi rusak dan jangkar pun dilabuhkan. 

Sambil menunggu datangnya pertolongan, sebuah kapal tanker melintas di samping mereka. Hampir saja tanker menabrak kapal tersebut, hingga diambil keputusan untuk memutuskan jangkar untuk menghindari tabrakan.

Tanpa jangkar, Dery dan Haidan terbawa arus bersama kapalnya. Pada 11 Juli 2018, mereka memasuki perairan Pulau Aur, Malaysia. Tak ada satupun kapal yang melintas, sehingga keduanya pasrah ketika kapal mereka terombang-ambing di lautan. 

"Saat itu kapal mereka sudah memasuki perairan Laut Cina Selatan, hampir memasuki perairan Vietnam. Di sanalah Dery dan Haidan bertemu nelayan Thailand," kata Kurniawan. 

Nelayan Thailand tersebut memberikan bantuan berupa stok makanan dan bahan bakar. Dengan bekal itulah Dery dan Haidan mencoba menemukan pulau Indonesia terdekat. Selama lima hari berlayar, akhirnya sampailah keduanya di Desa Landak, Anambas.

“Saat ini Dery dan Haidan sehat walafiat, masih ada di rumah Fatimah. Kemungkinan besok baru pulang ke Desa Kelong, Bintan,” terang Kurniawan. 
 
Tim SAR Tanjungpinang Lakukan Pencarian
 
Diberitakan sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) Kota Tanjungpinang melakukan operasi pencarian terhadap dua orang nelayan yang mengalami loscontac, Sabtu (14/7/2018). 

Kepala SAR Kota Tanjungpinang Budi Cahyadi melalui Kepala Seksi Operasi SAR Tanjungpinang, Eko Supriyanto mengatakan, Tim SAR saat ini tengah melakukan upaya pencarian terhadap kedua nelayan tersebut. 

"Rescue boat 2019 berjumlah 12 orang bergerak ke lokasi kejadian perkara melaksanakan pencarian sesuai dengan rencana operasi hari kedua," ujar Eko kepada wartawan, Sabtu (14/7/2018). 

Adapun nama korban yang hilang atau loscontac adalah, Haidan Asman, laki-laki, umur 28 tahun dan Deri, laki-laki, umur 28 tahun. Adapun unsur yang dikerahkan untuk melakukan pencarian, kata Eko, RB 209 SAR Tanjungpinang dan dua unit kapal ikan HNSI Kijang. 

"Dikarenakan posisi diperkirakan memasuki wilayah Malaysia, kami melaksanakan koordinasi dengan pihak MRCC Johor, Malaysia. Jarak dari Kantor SAR ke lokasi pencarian sekitar 44,22 neitical mil. Hending 7 derajat arah utara," jelas Eko. (aan) 


Sumber  : suarasiber.com
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   bintan
   
   bintan
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..