Ratusan Botol Mikol Selundupan Ditangkap Bea Cukai Kepri
Senin, 30/07/2018 18:30:29
Petugas Bea Cukai mengamankan minuman beralkohol yang diselundupkan dari Malaysia.

KARIMUN, KABARBATAM.com- Petugas Bea dan Cukai Kanwil Kepri menggagalkan penyelundupan minuman beralkohol (mikol) asal Malaysia. Mikol tersebut dibawa oleh dua kapal speedboat dari Malaysia menuju perairan Indonesia, Minggu, 29 Juli 2018 sekitar pukul 23.00 WIB. 

Humas Kanwil DJBC Kepri, Refly Feller Silalahi, mengungkapkan, penangkapan terhadap kedua kapal berawal ketika Tim Satgas Bea Cukai mendapatkan informasi ada dua kapal melakukan ship to ship muatan minuman beralkohol di perairan antara Pulau Pisang dan Pulau Kukup, Malaysia. 

"Informasi itu langsung kami tindaklanjuti. Tim Satgas Patroli BC 1305 dan BC 1105 berhasil melihat pergerakan dua speedboat tersebut masuk perairan Indonesia dan langsung lakukan pengejaran," ungkap Refly, Senin (30/7/2018). 

Saat pengejaran, petugas BC memberikan instruksi agar berhenti  menggunakan isyarat suara dan lampu police, namun kedua nakhoda speedboat tidak mengindahkan. Pelaku justru memacu kapalnya dan berusaha melarikan diri. 

Petugas lalu melepaskan tembakan peringatan sebayak tiga kali ke udara namun tetap diindahkan. "Sekitar pukul 23.50 WIB, kami temukan satu speedboat mengandaskan diri di hutan bakau di daerah Tanjung Samak. Sebelum ditemukan, pelaku membuang muatannya ke laut," ujar Refly.

Setelah dilakukan pengejaran selama hampir dua jam, Tim Satgas BC berhasil menemukan speedboat kedua. Kapal cepat itu dikandaskan di sekitar perairan Sungai Kampar. Kedua speedboat itu ditemukan tanpa ABK. Mereka diduga telah kabur. 

Refly menambahkan, berkat bantuan polisi yang bertugas di wilayah Tanjung Samak, seorang ABK yang kabur berhasil diamankan. Pelaku telah diserahkan ke Kantor Bea dan Cukai. 

"Sampai saat ini, proses penarikan kedua speedboat tersebut belum sepenuhnya selesai. Petugas masih berada di lapangan. Adapun muatan puluhan dus minuman beralkohol dan seorang ABK yang berhasil ditangkap dibawa ke Kanwil DJBC Kepri untuk diproses lebih lanjut," pungkas Refly. Puluhan dus mikol tersebut diduga berisi ratusan botol minuman beralkohol. (*)


Anwar Sadat Guna 


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   tanjungbalai-karimun
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Dalam menjalin konektivitas bersama masyarakat membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para kawula muda, BP Batam akan membuka acara BP Batam Pesta Komunitas Ajang ..
KEPRI
ANAMBAS, KABARBATAM.com- Upaya pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap korban kapal Puskel Pemkab Anambas yang tenggelam, Kamis (11/10/2018) malam di perairan Dusun Etang, Anambas, Provinsi ..