Konsumsi Kafein Bisa Bikin Pikiran Anda Tetap Fokus
Minggu, 04/02/2018 19:59:23
Ilustrasi

KABARBATAM.com- Kafein memang terkenal bisa memperbaiki mood yang sedang buruk. Selain itu bisa juga menjaga badan tetap bugar, sehingga bisa meningkatkan konsentrasi. 

Namun, diperlukan takaran yang tepat untuk mendapatkan efek yang maksimal. Karena terlalu banyak itu tidak baik. Dan kalau kurang tidak akan terasa efeknya.

Para ilmuwan menemukan, manfaat kopi untuk tubuh dengan takaran yang tepat dapat menghilangkan kelelahan dan menjaga pikiran tetap fokus. Ini bertujuan tubuh lebih siap dan semangat menjalani aktivitas. 

Bagi orang yang tidak cukup istirahat dapat mengonsumsi 200 miligram kafein atau setara dengan dua cangkir kopi biasa setelah bangun tidur. Lalu 200 miligram kafein lagi, empat jam kemudian.

Mereka yang bekerja malam diberitahu untuk mengonsumsi 200 miligram dari awal shift kerja. Sebagai catatan, kopi biasa mengandung sekitar 100 miligram kafein.

Lebih fokus bekerja

Takaran kafein juga dilihat dari lamanya tidur. Bagi seseorang yang tidur selama lima jam dan bangun jam 6 pagi. Ia bisa minum secangkir kopi pertama untuk mengawali pagi hari pada jam 7 pagi dan minum kopi kedua pada jam 9 pagi.

"Anda bisa datang bekerja, minum kafein dapat meningkatkan fokus kerja (40 persen) selama empat jam," jelas ilmuwan Jaques Reifman.

Untuk mendeteksi takaran kafein yang tepat, ada perangkat lunak yang digunakan. Kini, perangkat tersebut sedang dikembangkan.

Konsumsi kafein memang perlu untuk menjaga mood dan produktivitas kerja. Namun, anda juga harus mempertimbangkan takaran dan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Sehingga tubuh anda tetap merasa nyaman saat mengomsumsinya. 

Pastikan juga bahwa takaran kafein bisa diterima dengan baik oleh lambung Anda. Bagi penderita maag ada baiknya mengukur dengan tepat takaran kafein jika ingin mengomsumsinya. (*)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   kesehatan
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar kejuaraan panahan bertajuk Batam Open Archery Championship 2018, selama tiga hari mulai Jumat (19/10/2018) hingga Minggu (21/10/2018). ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri)  akan memanggil dinas terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri untuk membahas Upah Minimum Provinsi (UMP) ..