1.210 Personel TNI AL Latihan Tempur di Perairan Dabo Singkep
Rabu, 01/08/2018 21:48:22
Ribuan personel terlibat dalam Program Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/L-3 Terpadu Tahun 2018 di Dabo Singkep. (Foto: wartakota)

LINGGA, KABARBATAM.com- Untuk meningkatkan kemampuan tempur para prajurit TNI AL, Komando Armada (Koarmada) I menggelar program latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/L-3 Terpadu Tahun 2018, di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, mengatakan, sebanyak 1.210 personel gabungan antara TNI AL Koarmada I dan Pasmar (Pasukan Marinir) I mengikuti kegiatan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/L-3 Terpadu Tahun 2018 ini.

"Program latihan ini juga melibatkan 16 kapal perang,” ungkap Yudo, di Dermaga JICT, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, baru-baru ini.

Kegiatan tersebut akan digelar mulai 31 Juli sampai 9 Agustus 2018. Beberapa jenis latihan akan dilakukan oleh para prajurit TNI AL, seperti; Latihan Melewati Medan Ranjau, Latihan Manuver Taktis, dan lain-lain.

“Kita rencanakan dalam waktu 12 hari mulai dari persiapan, pelaksanaan, pull out, kembali ke pangkalan, dan evaluasi,” ungkapnya.

Yudo menambahkan, latihan itu digelar dalam rangka meningkatkan ketangkasan dan kemampuan serta profesionalisme para prajurit Koarmada I. Selain itu juga untuk memaksimalkan kemampuan kapal yang dimiliki saat ini.

“Selama ini latihan selalu operasi gabungan laut, padahal kita memiliki kapal angkut pasukan. Sehingga kita coba hari ini laksanakan operasi amfibi supaya kapal kita yang tergabung dalam kapal amfibi bisa teruji baik personel maupun materilnya,” katanya.

Terkait dengan lokasi latihan, Yudo mengatakan tempat itu terakhir digunakan pada tahun 1991 silam. Sehingga pihaknya perlu melakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum melakukan latihan.

“Terakhir digunakan latihan gabungan tahun 1991 dan sampai saat ini belum pernah dipakai dan di sana di tempati masyarakat dan sebagainya. Makanya kemarin sudah kita laksanakan pemberitahuan dengan pemda terkait, pantainya juga sudah kita survei sebelum kita laksanakan latihan ini,” tuturnya. (*)



Editor  : Anwar
Tags
   
   lingga-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..