Danyon Komposit Gardapati Dijabat Letkol Inf Daud Ahmad Harahab
Senin, 06/08/2018 19:44:29

NATUNA, KABAR BATAM.com- Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjend TNI Ibnu Tri Widodo meresmikan penggunaan Batalyon Komposit Gardapati yang berlokasikan di Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Senin (6/7/2018).

Selain meresmikan Batalyon Komposit Gardapati, Pangdam Mayjend TNI Ibnu Tri Widodo juga melantik langsung Komandan Batalyon (Danyon) Komposit Gardapati yakni Letkol Inf. Daud Ahmad Harahab melalui upacara militer. 

Upacara diawali dengan pengangkatan sumpah oleh Pangdam Mayjend Ibnu terhadap Danyon Letkol Inf. Daud, disertai prosesi penyerahan tunggul Gardapati oleh Pangdam Ibnu kepada Danyon Daud, pertanda bahwa amanah sebagai Danyon telah diberikan.

Pangdam Ibnu dalam amanatnya mengatakan, Natuna yang meruapakan pulau terluar di ujung utara NKRI dan terbilang wilayah yang strategis, perlu dilakukan penguatan militer. Hal tersebut guna mengantisipasi bila ada ancaman dari luar.

"Antisipasi terjadinya penyelundupan dan kegiatan ilegal lainnya. Oleh karena itu, penambahan pasukan sangatlah penting guna menambah kekuatan personel," ucap jenderal bintang dua itu.

Kepada Danyon yang baru dilantik, Pangdam Ibnu berpesan untuk senantiasa menjaga solidaritas, soliditas, dan sinergitas bersama unsur TNI-Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat guna menjaga kedaulatan NKRI.

Lebih lanjut Pangdam Ibnu menegaskan, kepada Danyon Komposit Gardapati dan segenap prajuritnya agar dapat menangkal segala macam gangguan, baik dari luar maupun dari dalam. "Ingat, tugas adalah kehormatan. Harus bisa diantisipasi sesuai tugas. Lakukan latihan secara rutin dan profesional, sehingga selalu siap siaga di setiap waktu," tegasnya.

Sementara itu, Danyon komposit I/Garda Pati, Dan Alih Kodal Kompi C dan D, Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Komposit I/Garda Pati, Letkol Inf Ahmad Daud kepada awak media menjelaskan, peresmian Yon Komposit itu adalah peresmian perdana di wilayah Kodam I Bukit Barisan.

Dalam  Yon Komposit ada dua Raider, yaitu Kompi C dan Kompi D Yonif Raider Khusus 136 Tuah Sakti, 1 Batrai Armed, 1 Arhanud, dan 1 Yonzipur. Masing- masing punya kekuatan tersendiri.

"Sesuai perintah Panglima, prajurit siap ditempatkan dimanapun mereka bertugas, guna menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI. Kami berharap dapat diterima masyarakat Natuna dan bisa bersama-sama membangun Natuna serta menjaga keutuhan NKRI", ujar perwira melati dua itu.

Turut hadir dalam acara itu, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimsyah, Danlanud Raden Sadjad, Danlanal, Dandim, Kapolres Palaksa, Kajari, Wakil Bupati Natuna, Ketua DPRD Natuna, anggota DPRD Natuna Wan Sopian, serta sejumlah perwira TNI lainnya. (zal)


Editor  : Anwar
Tags
   
   natuna
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali menggelar festival budaya berskala internasional yang bertajuk Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Event ini kerja sama ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..