HUT Ke-73 RI, 74 Narapidana di Kepri Hidup Udara Bebas
Kamis, 09/08/2018 15:45:12
Ilustrasi

TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73 tahun, Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepri memberikan remisi terhadap 1.720 warga binaan (narapidana). Sebanyak 74 orang di antaranya langsung menghirup udara bebas.

''Rencanya pemberian remisi di HUT ke-73 RI tahun ini, secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Kepri di Lapas Tanjungpinang,'' ujar Humas Kanwil Kemenkum HAM, Rinto Gunawan, Kamis (9/8/2019).

Dikatakan Rinto, pemberiaan remisi kepada napi di Kepri ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2012 tentang perubahan kedua PP nomor 32 tahun 1999 tentang Syarat dan Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. 

Sebanyak 1.720 napi tersebut terbagi dari sejumlah Lapas dan Rutan yang ada di Kepri dengan rincian yang berbeda beda. ''Lapas Batam 713 orang, 47 di antaranya langsung bebas. Lapas Tanjungpinang 381 orang, 6 di antaranya bebas. Kemudian Lapas Narkotika 109 orang, yang bebas 10 orang,'' kata Rinto.

Selain itu, sambung Rinto, napi yang menerima remisi dari Lapas Perempuan (LPP) Batam 79 orang, dua di antaranya bebas. Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Batam 34 orang, satu di antaranya langusng menghirup udara segar.

''Untuk Rutan Tanjungpinang terdapat 84 orang warga Binaan yang mendapat remisi. Tidak ada yang langsung bebas,'' terangnya.

Selanjutnya, terang Rinto, warga binaan yang mendapat remisi 148 orang dari Rutan Batam. Dimana lima orang di antaranya langsung bebas. Kemudian, terdapat 140 orang napi dari Rutan Tanjungbalai Karimun juga mendapat remisi, tiga di antaranya bebas. ''Untuk cabang Rutan Dabo Singkep 3 orang. Tidak ada yang langsung bebas,'' pungkasnya. (yas)



Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   tanjungpinang
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali menggelar festival budaya berskala internasional yang bertajuk Batam International Culture Carnival (BICC) 2018. Event ini kerja sama ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..