Dewan Dorong Aparat Tertibkan Penambangan Pasir Ilegal di Batam
Jumat, 10/08/2018 12:15:33
Anggota DPRD Kota Batam Yudi Kurnain. (Foto: Kabarbatam.com)

BATAM, KABARBATAM.com- Aktivitas penambagan pasir ilegal yang kembali marak akhir-akhir ini memantik perhatian Komisi I DPRD Kota Batam. Penambangan pasir ilegal tersebut harus dihentikan. Selain berdampak kepada lingkungan, juga mengancam tanah longsor di wilayah tersebut. 

Penegasan itu disampaikan anggota Komisi I DPRD Kota Batam Yudi Kurnain. Dia menyayangkan karena aktivitas penambangan pasir tersebut masih berlangsung di beberapa titik di Kota Batam. Pihaknya mendorong aparat peneghak hukum bertindak tegas terhadap para penambang pasir ilegal. 

"Harus ada tindakan nyata dari aparat kita. Kami mendorong agar aparat penegak hukum menertibkan kegiatan penambangan pasir ilegal tersebut karena  telah merusak lingkungan sekitar," ujar Yudi kepada wartawan di Kantor DPRD Batam, baru-baru ini. 

Beberapa lokasi yang masih terdapat kegiatan penambangan pasir ilegal di antaranya, kawasan Nongsa dan Tembesi. Belum lama ini, tim Ditpam BP Batam menertibkan aktivitas penambangan pasir ilegal di sekitar Waduk Tembesi. 

Penertiban juga akan dilakukan di beberapa tempat lainnya, seperti di kawasan sekitar bandara Hang Nadim Batam. Di kawasan Nongsa sekitar bandara misalnya, terdapat banyak kubangan sisa kegiatan penambangan pasir ilegal. Kondisi itu disesalkan karena dinilai merusak lingkungan dan mengancam terjadinya longsor di wilayah itu. 

"Kegiatan tersebut harus dihentikan agar tidak semakin melebar apalagi jika sampai mendekati pemukiman warga. Kalau sudah mendekati perumahan warga dikhawatirkan akan terjadi seperti abrasi, tanah sekitar longsor sehingga membahayakan warga yang tinggal di wilayah tersebut," ujarnya. 

Penertiban terjadap kegiatan tersebut bisa dilakukan oleh Tim Terpadu Kota Batam yang melibatkan personel gabungan dari Ditpam BP Batam, Satpol PP, kepolisian, dan TNI. (wan)   


Editor  : Anwar
Tags
   
   parlemen
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK), yakni  pengoperasian dua kendaraan yang secara khusus melayani pengurusan Izin Peralihan ..
KEPRI
TANJUNGPINANG, KABARBATAM.com- DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Singapura Gavin Chay, di Kantor DPRD Kepri, Selasa (14/8/2018). Kunjungan ini dalam ..