Massa Pendukung Longmarch, Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno Mendaftar di KPU
Jumat, 10/08/2018 14:10:34
Capres Prabowo Subianto menuju Kantor KPU. (Foto: detik.com)

JAKARTA, KABARBATAM.com- Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendaftarkan diri sebagai Capres-Cawapres di Kantor KPU, Jumat (10/8/2018). Prabowo tiba di gedung KPU sekitar pukul 13.35 WIB, Jumat (10/8/2018). Sedangkan Sandiaga yang berkemeja biru datang terpisah karena berjalan kaki dari Masjid Sunda Kelapa.

Pasangan Prabowo-Sandiaga diusung Partai Gerindra, PKS, PAN juga Demokrat. Selain empat parpol itu, Partai Berkarya juga memberikan dukungan ke pasangan ini. 

Sebelumnya, pasangan ini dideklarasikan malam tadi sekitar pukul 23.30 WIB. Prabowo menilai Sandiaga Uno merupakan pilihan yang terbaik dari yang ada. Sandiaga, menurut Prabowo, juga berkorban dan siap mundur dari Wakil Gubernur Jakarta. "Beliau bersedia mengundurkan diri dari jabatan wakil gubernur," kata Prabowo dalam deklarasi.

Sementara itu, massa pendukung Prabowo bergerak ke kantor KPU setelah sebelumnya melaksanakan salat Jumat di kawasan Silang Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Massa longmarch ke KPU.

Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mulai meninggalkan kawasan Silang Monas pada pukul 13.00 WIB. Sebelumnya, massa hendak diarahkan ke Bundaran HI, namun rute itu batal dipakai.

"(Tidak lewat Bundaran HI), karena Pak Prabowo di Masjid Sunda Kelapa," kata Presiden KSPI Said Iqbal, Jumat (10/8/2019).

Dari Patung Kuda, massa berjalan kaki ke Jalan KH Agus Salim. Dari Jalan KH Agus Salim, massa melintas ke depan Gereja Teresia, kemudian ke Jalan Sam Ratulangi, Jalan HOS Cokroaminoto dan ke Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol untuk bergabung dengan Prabowo dan massa lainnya.

Massa yang bergerak dari Patung Kuda ini dipimpin oleh Said Iqbal. Ada 3 mobil komando yang ikut berkonvoi di antara massa longmarh.

Lagu #2019GantiPresiden terdengar menggema lewat pengeras suara di mobil komando. Massa berjalan sambil membawa spanduk. Arus lalu lintas di sekitar lokasi yang dilewati massa cukup tersendat. Barisan massa memakan separuh jalan yang ada.

Ada sekitar 200 buruh yang longmarch ke KPU ini. Sebelumnya, Said mengatakan akan mengerahkan 20 ribu buruh untuk mengantar Prabowo ke KPU. Aksi longmarch massa dikawal oleh polisi. Polisi menutup perempatan yang dilalui massa dan membukanya kembali setelah massa melintas. (*)


Sumber  : Detik.com
Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   nasional-
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar kejuaraan panahan bertajuk Batam Open Archery Championship 2018, selama tiga hari mulai Jumat (19/10/2018) hingga Minggu (21/10/2018). ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri)  akan memanggil dinas terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri untuk membahas Upah Minimum Provinsi (UMP) ..