Miris, Sekolah Unggulan tapi Bangunan SMAN 1 Natuna Banyak Rusak
Jumat, 10/08/2018 14:31:25
Kondisi ruang belajar yang tanpa flapon di SMAN 1 Bunguran Timur Natuna. Flapon-flapon yang retak dan rusak di sekolah ini terpaksa dirobohkan pihak sekolah karena khawatir menimpa anak didik. (Foto: Afrizal: Kabarbatam.com)

NATUNA, KABARBATAM.com- SMA Negeri 1 Kecamatan Bunguran Timur. Kabupaten Natuna, memang dinilai menjadi salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Natuna. 

Satu-satunya sekolah yang mempunyai banyak bangunan serta memiliki tekstur dua lantai, menjadikan sekolah tersebut terlihat megah dan mempunyai kualitas yang baik.

Namun kemegahan gedung sekolah tersebut ternyata hanya tampak dari jauh saja. Bagaimana tidak, ketika Anda mengunjungi lorong dan beberapa bagian ruang kelas sekolah ini, banyak flapon yang sudah rusak.

Rusak dan runtuhnya beberapa flapon jenis gipsum itu diduga akibat air hujan yang merembes dari atap sekolah yang bocor. Seorang guru yang enggan di sebutkan namanya mengaku, sudah sekitar satu tahun lorong sekolah dan flapon di beberapa ruang kelas rusak.

"Sudah sekitar satu tahun flaponnya kayak gini. Padahal belum lama sekolah ini di bangun, tapi flaponnya sudah pada rusak," ujarnya. Guru yang membidangi bagian kesiswaan itu menerangkan, gedung sekolah itu belum pernah diresmikan penggunaannya oleh pihak terkait. 

Hal ini menjadi pertanyaan. Kondisi bangunan sekolah yang cepat rusak menandakan buruknya kualitas bangunan. Ditambah lagi lemahnya pengawasan oleh pihak konsultan. "Bangunan ini belum diresmikan tapi sudah pada runtuh begini flaponnya. Ini kan sifatnya baru pinjam, karena belum diresmikan," terangnya.

Menghindari agar flapon tersebut tidak menimpa para siswa, pihak sekolah berinisiatif merobohkan beberapa flapon yang sudah retak dan berpotensi jatuh.

"Memang tidak ada korban jiwa, cuma kan kami khawatir kalau  flaponnya ketimpa anak-anak yang sedang belajar maupun ketika jam istirahat," tuturnya.

Sebelumnya, pihak sekolah sudah melapor kepada Dinas Pendidikan Natuna terkait rusaknya beberapa bagian flapon sekolah agar meminta pertanggung jawaban kontraktor dan kosultannya. Namun hingga saay ini belum ada tanggapan dari pihak terkait. (zal)


Editor  : Aan Sahputra
Tags
   
   natuna
BP BATAM
BATAM, KABARBATAM.com- Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan PMA yang telah berkonstribusi dalam membangun dan memajukan perekonomian ..
KEPRI
BATAM, KABARBATAM.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan beroperasinya KEK Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/12/2018). Realisasi ..